PRA-KRS Prodi SI UAJY Sem Gasal 2021/2022


Pra-KRS merupakan simulasi KRS yang dilakukan dengan SIBIMA APPSI dan dilakukan sebelum masa input KRS semester berikutnya. Pra-KRS bertujuan untuk mengetahui minat pengambilan kelas mahasiswa dan digunakan sebagai pertimbangan Prodi dalam menawarkan kelas pada KRS semester depan.

Mengingat pentingnya pra-KRS ini baik untuk mahasiswa dan prodi, semua mahasiswa wajib menginput Pra-KRS dalam waktu yang ditentukan. Pra-KRS dilaksanakan pada tanggal 14-20 Juli 2021 melalui https://fti.uajy.ac.id/sisteminformasi/appsi (Manual dapat diakses pada SIBIMA). Karena semester depan mulai diberlakukan Kurikulum MBKM yang memiliki struktur matakuliah yang berbeda dengan kurikulum berjalan saat ini, mohon untuk aktif berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik terkait matakuliah yang diambil! Kesalahan pengambilan matakuliah dan/atau kelas pada semester depan dapat berakibat pada terganggunya keseluruhan rencana studi mahasiswa yang menyebabkan masa studi bisa bertambah.

WAJIB diperhatikan:

  1. untuk angkatan 2020, mengambil semua makul smt 3 dan untuk mhs yang masih memiliki sisa SKS, silakan mengambil makul yang ditawarkan Universitas mitra dan makul luar prodi SI (deskripsi makul bisa dilihat di bawah) dengan memperhatikan jadwal, sks, dan prasyarat makul (konsultasikan dengan DPA). Maksimalkan pengambilan SKS sesuai dengan total maksimal pengambilan SKS berdasar IPK (IPK <=3.00 maks 21 sks dan IPK >3.00 maks 24 sks).
  2. untuk angkatan 2019, wajib menyisakan 2 sks dari total pengambilan SKS smt depan. Sisa 2 sks akan diKRSkan prodi secara otomatis pada makul Masyarakat Digital. Nilai Masyarakat Digital diperoleh dari konversi, sehingga tidak ada kuliah Masyarakat Digital pada semester Gasal 2021/2022. Fokus angkatan 2019:
    1. WAJIB mengambil Metode Penelitian (smt 3).
    2. WAJIB menghabiskan matakuliah semester 4:
      1. Untuk yang belum mengambil Manajemen Layanan Teknologi Informasi, WAJIB mengambil makul tsb,
      2. Untuk yang belum mengambil Informatika Sosial, WAJIB mengambil makul Teknologi Informasi untuk Masyarakat.
    3. Setelah makul smt 3 dan 4 habis, silakan mengambil Makul smt 5 sesuai sisa SKS dan melihat kemampuan masing-masing. Maksimalkan pengambilan SKS sesuai dengan total maksimal pengambilan SKS berdasar IPK (IPK <=3.00 maks 21 sks dan IPK >3.00 maks 24 sks).
  3. untuk angkatan 2018 ke atas, KRS yang diambil WAJIB berkonsultasi dengan DPA karena harus melihat dari skenario konversi yang telah dibuat oleh tim Konversi. Pengambilan makul tergantung dari sisa SKS tiap mahasiswa dan bisa berbeda-beda antar mahasiswa.
    1. Yang belum mengambil PPTA wajib mengambil Metopen
    2. Yang belum mengambil Techopreneur wajib mengambil Kewirausahaan

Matakuliah yang bisa diambil dari UMN

Makul Luar Prodi SI (internal UAJY)

-->