Visi dan Misi

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan konsentrasi Business Analytics didirikan untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang berkompetensi  di sektor industri terkait dengan era revolusi industri 4.0 dan era big data yang telah menjadi tuntutan yang wajib dipenuhi oleh negara Republik Indonesia.

AKREDITASI

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.9179/SK/BAN-PT/Ak-PKP/M/VII/2021 tertanggal 6 Juli 2021, Program Magister Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dinyatakan memenuhi syarat peringkat akreditasi dengan peringkat akreditasi Baik.

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi program pendidikan magister teknik industri yang berjiwa inklusif dan humanis, unggul dalam lingkup nasional dan berkiprah dalam kancah internasional untuk memperkuat industri nasional, berfokus pada desain, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi dengan dukungan business analytics. Keunggulan lulusan Program Studi MTI-UAJY adalah kemampuan business analytics.

MISI PROGRAM STUDI

Misi Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Teknik Industri yang menghasilkan lulusan yang unggul: kemampuan business analytics, kemampuan manajerial, berpikir kreatif dalam pengambilan keputusan, memiliki inovasi, wawasan internasional yang berdampak pada kontribusi keilmuan Teknik Industri untuk menyelesaikan permasalahan di industri nasional dan internasional.

2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan Teknik Industri dengan reputasi internasional dan penelitian yang berfokus pada penyelesaian masalah di industri.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan industri yang bersinergi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian.

4.  Menjalin kerjasama dengan institusi nasional dan internasional secara terarah dan berkesinambungan untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian

LATAR BELAKANG PROGRAM STUDI

Era revolusi industri 4.0 saat ini membawa dampak perubahan kompleksitas di sektor industri nasional. Salah satu kajian  yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin memaparkan bahwa penerapan industri 4.0 akan berdampak pada munculnya peluang pekerjaan baru yang lebih spesifik, terutama yang membutuhkan kompetensi tinggi. Untuk itu, dibutuhkan transformasi keterampilan bagi SDM industri di Indonesia. Penggunaan teknologi internet yang semakin dominan dalam pengelolaan industri berdampak pada jumlah data yang harus dikelola meningkat dengan signifikan (era big data).

Terkait dengan era big data dalam industri, Davenport dan Harris (2007) serta Hopkins dkk (2010), pakar di bidang industri menyatakan bahwa perusahaan yang dapat unggul dari pesaingnya pada umumnya adalah perusahaan yang sudah menerapkan business analytics, sehingga perusahaan tersebut mampu memanfaatkan data dan menganalisisnya untuk mendukung pengambilan keputusan manajerial. Permasalahnnya, banyak perusahaan yang terjebak akan banyaknya data yang dimilikinya namun tidak cukup memiliki gambaran mengenai bagaimana mengolah data yang dimilikinya tersebut. Oleh Karena itu seorang pakar bisnis, Evans (2017) menyatakan kemampuan untuk melakukan business analytics merupakan sesuatu hal yang vital pada perusahaan saat ini. Bila kompetensi tenaga kerja terkait dengan business analytics dapat ditingkatkan maka tuntutan perusahaan  untuk dapat menghasilkan suatu produk ataupun jasa dengan biaya lebih murah, kualitas lebih bagus, time delivery dan time innovatives lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya dapat diwujudkan.


GELAR SETELAH LULUS

Setelah menyelesaikan studi di Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta, lulusan Program Studi Magister Teknik Industri akan memperoleh gelar Magister Teknik (M.T.)