Kurikulum dan Konsentrasi Studi

Kurikulum MINF-UAJY dirancang untuk dapat diselesaikan dalam jangka waktu 3 semester atau 1,5 th dan menyelesaikan minimum 36 SKS. Mahasiswa minimal harus mengambil matakuliah wajib 15 SKS, matakuliah peminatan 6 SKS, matakuliah pilihan bebas 9 SKS dan tesis 6 SKS.

1. MATA KULIAH WAJIB (21 SKS)
No.MatakuliahSKSSemester
1Studi Mandiri31
2Kecerdasan Komputasional31
3Pengembangan Piranti Bergerak31
4Sistem Informasi Korporat31
5Metodologi Penelitian32
6Tesis63
7Character Building dan Outward Bound01
8Kuliah Umum01,2,3
Jumlah21
2. MATA KULIAH PEMINATAN
No.MatakuliahSKSSemester
Intelligent Informatics
1Sistem Cerdas32
2Sistem Berbasis Pengetahuan32
3Big Data dan Machine Learning32
Innovation of Computational Science
1Interaksi Manusia dan Komputer Lanjut32
2Multimedia Cerdas32
3Pemrosesan Paralel32
Information Technology Management
1E-Business32
2Teori Adopsi dan Penerimaan Teknologi32
3IT Governance32
3. MATA KULIAH PILIHAN 
No.MatakuliahSKSSemester
1Komputasi Numerik32
2Gamification32
3Riset Kuantitatif pada Teknologi Informasi32
4Pemodelan dan Simulasi32
5Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut32
6Teknologi Informasi dalam Tata Pemerintahan32
7Pengolahan Citra32
8Desain Inovasi dan Sistem Informasi32
9Kapita Selekta32

Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Inti

Studi Mandiri (3 SKS)
Mata Kuliah ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa pascasarjana untuk mengeksplorasi topik – topik di bidang Teknologi Informasi sesuai dengan minat antara mahasiswa dan kompetensi pengajar. Topik bersifat personal dan merujuk berbagai publikasi ilmiah, khususnya jurnal bereputasi dengan klasifikasi Q1 dan Q2.
Para mahasiswa akan dibimbing untuk mencari, memahami dan merekonstruksi pengetahuan yang diperlukan pada bidang yang diminati, lebih lanjut dengan kuliah ini diharapkan mahasiswa menemukan dan mempunyai passion dalam pengerjaan thesis dan publikasi ilmiahnya.
Kecerdasan Komputasional (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang supaya mahasiswa memahami tentang aspek-aspek komputasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun topik bahasannya adalah jaringan saraf tiruan, logika fuzzy, kecerdasan evolusionari (algoritma evolusionari, algoritma genetika), serta kecerdasan swarm (ant colony, particle swarm optimization).
Pengembangan Piranti Bergerak (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan hal-hal yang terkait dengan berbagai aspek yang terkait dengan perancangan sistem e/m-Bisnis dengan piranti bergerak. Materi yang diberikan meliputi solusi piranti bergerak, permasalahan umum, virtual environments, sistem operasi (Android, iPhone, dll), IoT dan topik terkini yang terkait dengan piranti bergerak.
Sistem Informasi Korporat (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan penerapan strategis Teknologi Informasi (IT) ke dalam fungsi-fungsi bisnis dalam suatu enterprise. Penerapan Strategis mengimplikasikan fungsi-fungsi bisnis diintegrasikan dengan fungsi IT termasuk pada pengembangan strategi dan tujuan bisnis enterprise, dimana kesuksesannya tergantung pada penerapan strategis ini.
Metodologi Penelitian (3 SKS)
Mengenalkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan teknik – teknik dalam melaksanakan penelitian ilmiah, khususnya yang berkaitan dengan dunia Teknologi Informasi, yaitu: lingkungan, penggunaan dan obyektif dari riset dan pelaporan; kompleksitas dari perencanaan, pengorganisasian dan drafting dari sebuah laporan penelitian; bagaimana membaca laporan penelitian dari perspektif pembaca, mendiagnosa bagian yang dianggap sulit dan bagaimana cara merevisi secara cepat dan efisien; serta menyiapkan mahasiswa dalam menyusun tesis
Tesis (6 SKS)
Tesis adalah karya tulis yang mendokumentasikan hasil penelitian yang mencakup tinjauan analitis, aspek komputasi dan teknologi dari obyek yang diteliti, sesuai dengan tujuan penelitian. Sekalipun tidak sepenuhnya karya asli, unsur kontribusi ilmiah harus nyata.
Di dalam Tesis ini terangkum pula kegiatan, Ujian Tesis
Ujian tesis adalah ujian penelitian mahasiswa yang tertulis di dalam dokumen Tesis, sebagai syarat kelulusan. Ujian bersifat oral di hadapan Tim Penguji yang terdiri atas Pembimbing Tesis dan dosen lain yang ditunjuk.
Publikasi Penelitian
Publikasi berupa ringkasan tesis S2 atau bagian dari tesis/riset S2 dari mahasiswa yang bersangkutan beserta dosen pembimbingnya. Publikasi penelitian ini harus di-submit ke seminar atau journal yang berskala nasional/internasional sesuai kriteria. Kriteria minimal adalah dipublikasikan di dalam seminar nasional atau journal ter-akreditasi B, atau daftar seminar/journal yang diakui oleh Program Pascasarjana Magister Informatika UAJY. Publikasi Penelitian ini adalah sebagai syarat untuk menempuh Ujian Tesis (ada letter of acceptance dari penyelenggara seminar atau journal).
Character Building (0 Sks)
Pada training ini, mahasiswa dilatih untuk dapat menanggapi situasi sulit dunia kerja dengan sikap yang unggul. Selain ketrampilan, faktor terpenting yang mempengaruhi sikap adalah karakter. Oleh karena itu sangatlah perlu bagi para mahasiswa yang akan menduduki posisi atau jabatan tertentu memiliki karakter yang unggul sehingga dapat menanggapi berbagai situasi sulit di dunia kerja dengan baik. Aspek yang digali dalam training ini adalah motivasi, semangat kerja, disiplin dan sense of ownership. Sebagian training dilaksanakan dalam bentuk program Outward Bound.
Workshop (0 Sks)
Workshop adalah program yang dirancang untuk memberi kesempatan para mahasiswa Magister Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk memperoleh sebuah pengalaman/pengayaan pengetahuan akademik melalui studi kasus (semua biaya – transportasi dan akomodasi – ditanggung oleh mahasiswa).
Kuliah Umum (0 Sks)
Kuliah umum wajib diikuti semua mahasiswa MINF minimal 3 kali selama masa studi. Kuliah umum berfungsi menambah wawasan mahasiswa mengenai keilmuan lintas program studi. Materi kuliah umum bebas dipilih oleh mahasiswa, yang meliputi materi semua prodi yang ada di Progam Pascasarjana UAJY.
 
MATA KULIAH PEMINATAN
MATA KULIAH PEMINATAN Intelligence Informatics
Intelligence System (3 SKS): Matakuliah ini dirancang supaya mahasiswa dapat menerapkan teori-teori kecerdasan komputasional dan dapat membuat sistem cerdas dalam kehidupan sehari-hari. Adapun topik bahasannya adalah pengenalan sistem cerdas, machine learning, analisis sistem cerdas, arsitektur sistem cerdas.
Sistem Berbasis Pengetahuan (3 SKS) : Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep kecerdasan dalam komputer, bagaimana menanamkan pengetahuan sehingga sebuah aplikasi memiliki kecerdasan dan proses inferensi untuk mengambil kesimpulan dalam kondisi pasti maupun kondisi yang mengandung ketidakpastian. Selain itu juga diberikan konsep dasar pemrogram logika menggunakan software PROLOG.
Big Data dan Machine Learning (3 SKS): Mata Kuliah ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengeksplorasi analisa kuantitatif yang dibutuhkan dalam penggunaan big data dalam berbagai bidang. Dalam konteks analisis big data, mahasiswa akan dikenalkan berbagai problema, tantangan teknis, konseptual maupun problem etik yang ada. Penggunaan machine learning akan ditekankan sebagai dasar proses analisis yang dilakukan. Diharapkan sesudah mahasiswa mengikuti kuliah ini akan terbiasa menggunakan machine learning dalam menganalisis struktur data yang besar dan kompleks sebagai dasar penyelesaian problema di dunia nyata.

MATA KULIAH PEMINATAN Innovation of Computational Science
Interaksi Manusia dan Komputer Lanjut (3 SKS) : Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemaham anakan aspek teori dan implementasi yang terkait dengan interaksi manusia dan computer lanjut. Materi yang diberikan meliputi bebagai model interaksi manusia dan computer lanjut seperti Interaction Design, User Experience Design (UX), Interactive Systems Design, Cognitive Ergonomics, Man-Machine Interface (MMI), User Interface Design (UI), Human Factors, Cognitive Task Design, Information Architecture (IA), Software Product Design, Usability Engineering, User-Centred Design (UCD) dan Computer Supported Collaborative Work (CSCW).
Multimedia Cerdas (3 SKS): Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dasar multimedia, elemen-elemen pembentuk sistem multimedia, meliputi pengertian dasar dan strategi design terkait elemen teks, gambar, suara, animasi, dan video serta proses pembangunan sebuah aplikasi yang menggabungkan unsur kecerdasan komputer dengan elemen-elemen multimedia.
Pemrosesan Paralel (3 SKS): Mata kuliah ini memberikan pemahaman tenatang tentang pemrograman parallel berbasis Graphics Processing Units (GPU). Kuliah ini melingkupi: model dan sintaks pemrograman parallel GPU, arsitektur GPU, algoritma parallel, high performance computing on GPU, Library GPU (CUDA, Thrust, CuBlas, Tensorflow, PyCuda dll). Pemrograman parallel GPU digunakan untuk mempercepat proses komputasi di bidang –bidang seperti Komputasi Numerik, Machine Learning (Pembelajaran Mesin) dan Pengolahan Citra.

MATA KULIAH PEMINATAN Information Technology Management
E-Business (3 SKS): Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang strategi, produk, teknologi, tools dan kerangka kerja dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis meliputi promosi, penjualan, dan pembelian barang dan jasa yang melibatkan konsumen, karyawan, vendor dan supplier.
Teori Adopsi dan Penerimaan Teknologi (3 SKS): Mata Kuliah ini memperkenalkan berbagai model teori untuk untuk menjelaskan bagaimana pengguna dapat menerima dan mengadopsi sebuah teknologi. Selain itu mahasiswa juga akan belajar bagaimana membangun dan mengembangkan sebuah model adopsi dan penerimaan sebuah teknologi berdasarkan teori yang diadopsi dari berbagai lintas ilmu.
IT Governance (3 SKS): membahas mengenai tata kelola teknologi informasi (TI) di perusahaan/organisasi untuk membantu mengelola risiko, mengendalikan biaya TI, dan memastikan fungsi TI dapat berjalan secara maksimal. Beberapa kerangka kerja dalam tata kelola TI akan dibahas antara lain COBIT, ITIL, COSO dan lainnya.
MATA KULIAH PILIHAN
Komputasi Numerik (3 SKS): Mata kuliah ini merupakan kombinasi dari ilmu komputer dan matematika sehingga mata kuliah ini menekankan pada pemahaman tentang algoritma metode numerik untuk penyelesaian masalah di bidang sains, rekayasa, ekonomi dan kedokteran. Kuliah ini meliputi penyelesaian system persamaan linear dan nonlinear, interpolasi dan data fitting, diferensiasi dan integral numerik, solusi numerik persamaan differensial biasa.
Gamification (3 SKS): Matakuliah ini memperkenalkan prinsip dan elemen dasar dari gamification dan implementasinya pada berbagai area dan bidang yang terkait dengan pemanfaatan sebuah teknologi informasi.
Riset kuantitatif pada teknologi Informasi (3 SKS): Matakuliah ini memperkenalkan desain dan pendekatan riset kuantitatif pada topik penerimaan teknologi meliputi bagaimana menyusun sebuah kuisioner, menentukan sampel data, menganalisa dan mempersiapkan data, hingga mengolah dan menginterpretasikan data. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak hanya akan diperkenalkan kepada riset berbasis explanatory saja, tetapi juga riset kuantitatif berbasis exploratory. Diharapkan melalui matakuliah ini, mahasiswa dapat belajar membuat sebuah riset kuantitatif yang diarahkan kepada publikasi ilmiah.
Pemodelan dan Simulasi (3 SKS): Mata kuliah ini memberikan tentang pemahaman pemodelan dan simulasi fenomenana fisis yang terjadi di alam seperti formasi pola biologi, aliran fluida, perpindahan panas, getaran dan perambatan gelombang akustik maupun elektromagnetik. Penekanan diutamakan pada pemahaman algoritma solusi numerik dari model matematika yang mendeskripsikan fenomena fisis tersebut serta implementasi ke dalam program komputer. Adapun persamaan model matematika dapat berupa persamaan differensial biasa dan parsial dan metode numerik yang digunakan untuk diskretisasi adalah metode Beda Hingga (finite-difference method).
Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut (3 SKS): Mata Kuliah ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik – praktik yang dilakukan dalam rekayasa perangkat lunak tingkat lanjut. Topik yang dipelajari termasuk pemrograman berorientasi obyek, arsitektur perangkat lunak, pola desain, keamanan, pemrograman berorientasi aspek, dan topik – topik tingkat lanjut lainnya yang berkaitan dengan rekayasa perangkat lunak modern.
Pengolahan Citra (3 SKS): Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan sistem yang menerapkan metode dan teknik pengolahan citra. Matakuliah ini berisi pengantar pengolahan citra, operasi piksel, operasi geometrik, kawasan frekuensi, morfologi, operasi biner, segmentasi citra, restorasi citra, ekstraksi fitur citra, dan aplikasinya.
Teknologi Informasi dalam Tata Pemerintahan (3 SKS): Matakuliah ini berfokus kepada pembahasan dukungan teknologi informasi untuk para penyelenggara pemerintahan. Dibahas pula pengembangan sistem informasi kependudukan, sumberdaya alam, statistika kegiatan ekonomi dan industri, sebagai basis bagi perumusan kebijaksanaan dalam mewujudkan kesejahteraan umum.
Desain Inovasi dan Sistem Informasi (3 SKS): Matakuliah ini berfokus kepada pembahasan ruang lingkup, analisis masalah, dan metode pemecahan masalah dalam desain engineering meliputi digitalisasi desain produk basis computer aided reverse engineering system (CARE system), reverse Engineering dan penelitian terkait, dan teknik optimasi.
Kapita Selekta (3 SKS): Matakuliah ini mengakomodasi perkembangan keilmuan dan topik di bidang informatika dan teknologi informasi yang relatif baru dan terus berkembang.Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari topik-topik terbaru tersebut dan belajar untuk membuat usulan penelitian berbasis topik topik terbaru dan teraktual pada bidang informatika dan teknologi informasi.