[03-Oct-2020 07:03:22 UTC] PHP Fatal error: Class 'WP_Widget' not found in /home/ftiuajy/public_html/himsi/wp-content/plugins/wp-file-upload/lib/wfu_widget.php on line 3 [03-Oct-2020 07:03:23 UTC] PHP Fatal error: Call to undefined function site_url() in /home/ftiuajy/public_html/himsi/wp-content/plugins/wp-file-upload/lib/wfu_constants.php on line 3 Cara Mudah Membuat Sticker WhatsApp Sendiri | HIMSI - Atma Jaya Yogyakarta

Beberapa hari yang lalu WhatsApp mengumumkan fitur terbaru yaitu Sticker. WhatsApp mengizinkan penggunanya untuk dapat membuat stiker sendiri seperti menggunakan foto pribadi maupun gambar kartun.

Fitur stiker di aplikasi chatting merupakan sebuah inovasi yang sudah ada terlebih dahulu di aplikasi LINE. Dengan menggunakan stiker kita bisa menggantikan atau mengungkapkan ekspresi chat melalui sebuah stiker. Selain itu stiker di chat juga menghilangkan kebosanan saat chat yang hanya terdapat sebuah text saja.

Untuk membuat sebuah stiker sendiri di WhatsApp sangatlah mudah, tidak seperti di LINE yang harus disetujui terlebih dahulu. Selain itu membuat dan mengunduh/download stiker di WhatsApp gratis tidak seperti di LINE yang harus bayar apabila ingin memiliki stiker yang bagus.

Tapi sayangnya saat ini fitur stiker di WhatsApp belum tersedia di Indonesia, saat ini masih tahap beta jadi belum resmi rilis di PlayStore/Appstore. Tetapi tenang saja karena kamu bisa menggunakan dan membuatnya sendiri dengan mengupdate versi WhatsApp kamu tanpa perlu menunggu rilis resmi dari WhatsApp di PlayStore.

Berikut cara mudah membuat stiker WhatsApp sendiri menggunakan Foto maupun gambar di Android.

  1. Pastikan kamu udah update aplikasi WhatsAppmu di versi terbaru. Jika belum silahkan update melalui link berikut ini. WhatsApp (Google Play)
  2. Untuk yang belum pernah install aplikasi dari luar Play Store silakan memberikan izin terlebih dahulu dengan mencentang “unknown sources” di pengaturan keamanan. Settings → Additional settings → Privacy → Unknown sources (untuk pengguna Xiaomi).

    3. Jika sudah terinstall versi WhatsApp yang mendukung stiker, lalu silakan buka terlebih dahulu untuk memastikan ikon atau tombol stiker sudah ada.

    4. Selanjutnya download aplikasi Personal stickers for WhatsApp di Play Store.

    5. Lalu siapkan foto atau gambar yang ingin kamu jadikan stiker minimal 2 foto dan pisahkan ke folder atau album baru. Dengan syarat foto atau gambar tersebut harus berformat “.PNG

    Download PNG stiker Inwepo (Extract file zip nya dengan app file manager, ZArchiver atau AndroZip

    6. Untuk mengubah/convert foto menjadi PNG dan menghilangkan background foto, kamu bisa menggunakan aplikasi Backround Eraser. Download Background Eraser di Play Store.

    Pilih “Load Photo”, lalu crop foto dan hapus background foto sisa kan objeknya (jika tidak dihapus background-nya juga bisa) foto utuh dijadikan stiker tetap bisa. Jika sudah “Save”.

    7. Jika semua foto atau gambar sudah siap dan berformat PNG selanjutnya buka aplikasi Personal stickers for WhatsApp, nanti kamu akan melihat list foto/gambar yang bisa kamu tambahkan menjadi stiker.

    Pilih “ADD”, jika sudah setelah itu foto/gambar tersebut otomatis ditambahkan menjadi stiker di WhatsApp.

    8. Jika sudah kamu tambahkan selanjutnya buka WhatsApp →Chats → Pilih teman chat/grup → tap ikon emoji → Pilih ikon stiker di sebelah ikon gif.

    Tadaaa stiker sudah siap kamu gunakan untuk dipamerkan ke teman chat atau grup kamu. Selamat mencoba.

    Catatan: Untuk membuat stiker terlihat lebih profesional dengan ukuran yang pas, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan ukuran 512×512 pixels

    Serta jarak gambar di kiri kanan atas bawah tidak kosong, seperti gambar di atas. Dengan begini stiker kamu akan terlihat lebih besar di chat nantinya. dan untuk jumlah maksimal stiker  yang bisa kamu tambahkan sebanyak 30 gambar.

Source: Fadli (inwepo.co)

Artikel Asli

 

Sharing is caring!