Jumat, 25 Oktober 2019, Institut Bisnis Nusantara (IBN) mengunjungi kampus 3 Gedung Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dalam rangka melakukan studi banding bersama Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI). Kegiatan studi banding ini sendiri diadakan bersama dengan Himpunan Mahasiswa Komputer (HIMAKOM) IBN. Kunjungan ini bertempat di ruang pascasarjana 3 dan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Teman-teman dari HIMAKOM juga diminta untuk melakukan registrasi sebelum memasuki ruang pascasarjana. Setelah itu, acara resmi dibuka dengan pembacaan doa dan pemberian kata sambutan dari ketua umum HIMSI, ketua umum HIMAKOM, pembina HIMAKOM, dan dosen dari UAJY. Teman-teman dari HIMSI tampak antusias karena mendapatkan kesempatan untuk mengenal teman-teman dari HIMAKOM. Suasana di dalam ruangan cukup cair dan interaktif.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Pak Aloysius Bagas Pradipta Irianto, S.Kom., M.Eng dan ketua umum HIMSI Putri Wardani. Presentasi ini menyampaikan sedikit mengenai kurikulum dan beberapa kegiatan yang diadakan di program studi Sistem Informasi UAJY. Putri Wardani selaku ketua umum juga memaparkan berbagai kegiatan yang terdapat di HIMSI dan mengenalkan divisi-divisi yang terdapat di dalamnya, yaitu AKSI, PSDM, USDA, dan KOMINFO.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian materi presentasi dari pembina dan ketua umum HIMAKOM. Materi yang dipaparkan pun kurang lebih menyerupai yang dilakukan oleh pihak tuan rumah. Presentasi ini menyampaikan profil singkat mengenai IBN dan HIMAKOM itu sendiri dan beberapa kegiatan yang rutin diadakan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing
session antar himpunan dan program studi.

Para peserta tampak antusias memberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh masing-masing himpunan. Pertanyaan yang ditanyakan banyak menyangkut mengenai budaya organisasi masing-masing himpunan. Kegiatan sharing session ini berlangsung cukup menarik karena memberikan pengetahuan baru terhadap himpunan luar. Tak hanya itu, kegiatan ini berkesempatan untuk memberikan pelajaran dan evaluasi baru terhadap masing-masing himpunan.

Usai melakukan sharing session, acara ditutup dengan pemberikan plakat dari pihak UAJY kepada HIMAKOM. Tak lupa, para peserta juga mengambil foto bersama sebagai tanda bukti kunjungan dan kegiatan studi banding. Setelah itu, para peserta dari HIMAKOM yang beragama Islam juga dipersilahkan untuk melakukan Sholat Jumat di Masjid terdekat. Sekitar pukul 12.30 WIB, para peserta dari HIMAKOM meninggalkan tempat dan kembali ke bus.

 

Sharing is caring!