Laboratorium Rekayasa Proses Bisnis


Dua komponen kunci dalam sebuah sistem enterprise adalah manajemen data dan manajemen proses bisnis. Proses bisnis terdiri dari kumpulan aktivitas, layanan, dan sumber daya yang dikolaborasikan bersama untuk mencapai tujuan bisnis. Fokus dari Laboratorium ini adalah untuk mengembangkan alat bantu yang efektif untuk membantu dalam perencanaan dan implementasi sistem perangkat lunak yang mendukung perancangan dan manajemen data dan proses bisnis enterprise.

Laboratorium ini dirancang untuk memberikan kenyamanan mahasiswa dalam melakukan riset. Laboratorium RPB dibagi menjadi 2 ruangan yang memiliki 2 fungsi yang berbeda. Laboratorium sisi barat merupakan ruang workshop dimana digunakan untuk kegiatan perkuliahan dan workshop. Sedangkan sisi timur dikususkan untuk kegiatan riset dan diskusi.

Laboratorium ini memberikan pelayanan kepada mahasiswa untuk kegiatan kuliah, belajar bersama, diskusi, internet gratis, dan riset. Selain itu juga memberikan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan-pelatihan komputer dan menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dengan mengadakan penelitian-penelitian. Laboratorium ini dilengkapi dengan 40 buah laptop,6 PC all in one, meja diskusi, area belajar lesehan, server dan proyektor yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan kuliah, mengerjakan tugas, diskusi, atau mengakses Internet secara gratis.

Lab RPB juga memiliki asisten laboratorium, dimana tugas asisten adalah mendampingi perkuliahan dan membantu tugas administrasi didalam laboratorium. Asisten laboratorium adalah mahasiswa pilihan yang kompeten karena untuk menjadi asisten laboratorium melalui tahapan seleksi yang cukup ketat. Asisten laboratorium terbuka bagi siapa saja mahasiswa aktif dilingkungan atma jaya yogyakarta. Didalam lab RPB juga terdapat minipantry yang dapat digunakan oleh dosen dan asisten laboratorium.

Kepala Laboratorium:

  • Aloysius Bagas Pradipta Irianto, S.Kom,. M.Eng.

Kegiatan yang diselenggarakan di laboratorium ini:

  1. Kuliah Prinsip Pemrograman
  2. Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek
  3. Kuliah Sistem Basis Data
  4. Asistensi dan Tutorial Mata Kuliah
  5. Kegiatan ilmiah terjadwal
  6. Kuliah Umum
  7. Workshop
  8. Pengabdian masyarakat
  9. Kelompok Studi Basis Data dan Pemrograman

Galeri :