Jadwal Kuliah dan Ujian Prodi Sistem Informasi Semester Genap 2018/2019


Jadwal UTS dan UAS Semester Genap 2018/2019
Program Studi Sistem Informasi

Peraturan Kewajiban Mengikuti Pengembangan Karakter


Peraturan Pembimbingan Akademik Prodi SI


Jadwal KRS Online Prodi SI UAJY Genap 1819


Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY – Part 5


Halo guys… Kembali lagi nih di Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY part yang ke-5. Kita lanjutin ya keseruan Kuliah Lapangan kita. Kita udah sampai di part paling seru nih guys, yaitu jalan-jalan. Nggak lengkap donk ke Bali kalau enggak jalan-jalan. Setelah selesai kunjungan terakhir kita di Bali Camp. Kita makan siang dlu nih guys di daerah bedugul. Bayangin aja nih, makan siang di daerah yang sejuk dengan view yang mantap, plus kumpul bareng sama teman-teman bikin suasana makan makin sip.

Setelah selesai makan sekitar Jam 1.00 PM WITA, kami berlanjut lagi ke Pusat Oleh-Oleh Krisna yang ada di daerah Kuta. Disana kita belanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di Jogja. Banyak banget loh oleh-oleh yang bisa di beli di Kresna, mulai dari makanan seperti Pie Susu Bali yang sudah terkenal banget, souvenir khas Bali, sampai baju-baju kaos barong yang keren-keren banget. Saking senengnya belanja kita sampai lupa waktu. Hingga akhirnya jam 4.00 PM WITA kita selesai lalu berangkat dari pusat oleh-oleh Krisna dan menuju ke Jimbaran buat “dinner” (Biar keren gitu hehehe) sampai disana sekitar jam 4.45 PM WITA. Disana kita dinner sambil melihat sunset di pinggir pantai yang keren banget, udah kayak disinetron-sinetron gitu deh.

Setelah sudah kenyang sehabis dinner, kita menuju ke hotel Harris dari pukul 7.20 PM WITA dan sampai di Hotel harris sekitar jam 8.00 PM WITA, disana kita melakukan pembagian kamar dan meletakkan barang-barang kami dan Beristirahat.

Keesokan harinya, Kami berangkat menuju ke Uluwatu sekitar pukul 8.00 AM WITA dan menempuh perjalan kurang lebih 1 jam dan kami sampai sekitar pukul 9.00 AM WITA. Uluwatu ini terletak di ujung selatan Bali nih guys.. Berada di ujung tebing yang menjulang tinggi di tepi samudra  tentunya memiliki pemandangan laut yang  indah banget. Apalagi panorama sunset nya… Oh iya, ada kejadian lucu nih guys… Uluwatu kan terkenal banget dengan monyet-monyet liar yang gemar mencuri barang apapun.. Nah, salah satu teman kami ada yang kena keusilan monyet-monyet disana, kacamatanya direbut paksa (biar dramatis guys… hehehe). Yang kena orang Bali asli lagi… Hahahaha. Kasian banget ya guys?.

Setelah foto-foto dan keliling Uluwatu, kami makan siang di tempat peristirahatan. Jadi setelah semua cerita panjang kita di Surabaya dan Bali, akhirnya pada pukul 2.00 PM WITA kami berangkat menuju kembali ke Yogyakarta. Menurut kami Kuliah Lapangan kali ini sangat berkesan dan menjadi pengalaman yang sangat menarik. Jadi, mungkin sekian cerita Kuliah Lapangan dari kami, semoga banyak hal yang bisa pembaca sekalian ambil dari cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi ’16 UAJY. Bye guys…

Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY – Part 4


Lobby Bali Camp PT Sigma Cipta Caraka

Halo Guys. Di part ke-4 ini kita lantjukan cerita kuliah lapangan kita ya. Jadi, kami tiba di pulau Dewata Bali pada pukul 5.00 AM Waktu Indonesia Tengah, lalu kami diantarkan ke tempat transit untuk mandi dan sarapan pagi. Lalu, jam 8.00 AM Waktu Indonesia Tengah kami berangkat mengunjungi PT Sigma Cipta Caraka yang terletak di Jl. Raya Pacung No.32A, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali dan sampai pukul 10.00 WITA

Kami sangat tertarik banget berkunjung ke PT Sigma Cipta Caraka ini karena dari luar gedung aja terlihat bagus banget nih guys. Jadi, disana Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta diajak melihat sejarah telkomsigma, budaya-budaya perusahaan, dan tempat kerja para programer di telkomsigma.  Informasi-informasi menarik tersebut disampaikan oleh Bapak Gede Sumardika selaku Head of Project Support And Development Bali di PT. Sigma Cipta Caraka.

Sesi Penjelasan dan Tanya Jawab bersama Bapak Gede Sumardika

Setelah sesi penjelasan dan tanya jawab selesai, kami diajak untik melihat-lihat suasana kerja disana, banyak Hal menarik yang disajikan di Bali Camp. Kami salut banget nih dengan PT Sigma Cipta Caraka karena suasana kerjanya beda loh dari perusahaan-perusahaan yang biasanya. Karena, disana suasana kerjanya sangat flexible dan menyenangkan banget nih. Bagaimana tidak? Tempatnya udah bagus dan banyak banget pemandangan hijau dan udara yang sejuk banget nih. Jadi, suasana kerjanya tidak terlihat kaku dan dapat mengurangi tingkat stress para pekerja-pekerjanya. Jadi berasa liburan kan?

Suasana Kerja PT Sigma Cipta Caraka [Bali Camp ]

Eits… tidak cukup sampai disitu, selain suasana kerjanya yang oke banget PT Sigma Cipta Caraka juga memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang semangat para pegawai disana loh, salah satunya adalah adanya kelas Yoga, tempat Gym, dan pelatihan Team Building yang pastinya ser-seru banget. Selain belaja mengenai masalah Teknis dalam pekerjaan, disini kami juga belajar bahwa tidak selalu suasana kerja itu membosankan dan kaku.

jadi, setelah mengetahui banyak mengenai PT Sigma Caraka Akhirnya pada pukul 12.00 AM WITA kami pamit undur diri seraya memberikan cindera mata dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan dan simbol terima kasih kami terhadap PT Sigma Cipta Caraka yang bersedia meluangkan waktunya dan berbagi ilmu mengenai dunia kerja dan Budaya kerja serta sejarah perusahaan ini.

 

Foto Bersama

Penyerahan Cindera Mata

Jadi, Setelah selesai dari PT Sigma kita bakalan kemana lagi? Tunggu di part selanjutnya ya guys. Have a great day!

Cerita Kuliah Lapangan Prodi Sistem Informasi UAJY – Part 3


PART 3

Halo Guys

Di Part Ini kami akan membagikan cerita kami saat Kuliah Lapangan di Surabaya gengs bagaimana ceritanya??

 Pagi di hotel Grace setelah makan pagi kurang lebih jam 7.45 kami bersiap – siap untuk melakukan kunjungan ke  PT. Yakult Persada di Ngoro Industrial Park Mojokerto perjalanan kesini kami memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dari hotel Grace

 

 

 

Kami Mulai Memasuki PT. Yakult Persada pada pukul 10:00 pagi, dan didalam PT. Yakult Ini sangat bersih dan sterill loh teman-teman karena Yakult adalah minuman baik untuk usus kalau kotor sama saja tidak baik, dan juga harga yakult juga menyehatkan dompet buk

 

 

lalu kami memulai sesi kuliah lapangan di PT. Yakult dengan sejarah kapan PT. Yakult didirikan pada tahun 1990 di Indonesia, akan tetapi Yakult telah ditemukan di Jepang pada tahun 1930 oleh Dr. Minoru Shirota, seorang dokter lulusan Kyoto University Japan yang menemukan bakteri yang baik untuk usus manusia yang dinamakan Lactobacillus Casei Shirota Strain

 

 

setelah beberapa penjelasan dan sejarah tentang PT. Yakult Peserta diajak melihat bagaimana kegiatan produksi Yakult dari proses fermentasi sampai packing dan hampir seluruhnya bahan baku diambil langsung dari Jepang mulai dari pembuatan botol, aluminium penutup botol dan bahan-bahan lainnya dan disana kita juga di beri yakult dan sebuah notebook loh lalu setelah itu kami  berfoto bersama

 

 

kami kembali ke bis pada pukul 12:00 WIB dan dan sambal makan siang di dalam bus sambil menuju ke PT. Indofood CBP dan sampai 1 jam sebelum waktu kunjungan, PT. Indofood yang kami kunjungi  ini terletak di daerah Pasuruan Surabaya adalah Cabang dari PT. Indofood Divisi Mie Instan( Indomie, Supermi, Sakura, Sarimi), PT Indofood dengan awalnya hanya sebuah perusahaan keluarga yang didirikan pada tahun 1990 didirikan oleh Sudono Salim dengan nama awal PT. Panganjaya Intikusuma dan pada tahun 1994 berubah menjadi Indofood.

 

setelah penjelasan dan sejarah Indofood selesai kami diajaka ke tempat produksi lagi dan diperlihatkan bagaimana proses pembuatan Indomie setiap mie juga memiliki mesin terpisah untuk pembuatannya dan bahan- bahanya menggunakan bahan baku produk sendiri, setelah tepung diolah menjadi adonan mie dan dipanaskan pada suhu 150 derajat Celcius dan dipotong-potong menjadi persegi lalu dikeringkan dan masuk ke tahap pengemasan, pada setiap harinya Indofood pada cabang ini membuat produk yang berbeda, setelah itu kami ada sesi tanya jawab mengenai perusahaan hmm kalau soal makanan pasti banyak yang tanya apalagi tentang Indomie…

 

Setelah kunjungan ke Indofood kami menuju Pulau Dewata atau pulau Bali, pasti sangat seru

ceritanya tunggu di part berikutnya ya

END PART 3

Tunggu Part Berikutnya >>>

 

Cerita Kuliah Lapangan Prodi Sistem Informasi UAJY – Part 2


Oke guys…

Di part kali ini kami akan membagikan cerita kami mulai dari awal keberangkatan hingga tiba di Surabaya hari pertama. Penasarankan apa yang kami lakukan?? Simak cerita berikut ini.

Hari itu tanggal 10 Oktober 2018, bebrapa dari kami banyak yang masih bertanya sewaktu selesai ujian di sesi 3. “Guys kalian bawa apa aja nih untuk Kuliah Lapangan?”, “Paling baju, celana, dan sebagainya untuk 5 hari”. Kira-kira begitu yang terjadi sore sebelum kami semua berkumpul untuk berangkat Kuliah Lapangan. Waktu tiba menunjukkan pukul 18:00, terlihat diantara kami sangat excited untuk Kuliah Lapangan. Kenapa begitu? Kuliah Lapangan ini sudah kami nantikan dari awal semester ini, karena selain Kuliah Lapangan kami juga liburan bersama. 18:30 kami memulai perjalanan Kuliah Lapangan dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang teman kami.

Suasana begitu santai dan semua teman-teman terlihat senang, karena ini merupakan salah satu trip kami secara bersama-sama disamping ada tugas yang harus kami kerjakan. Hitung-hitung kami bisa liburan bersama walau diselingi Kuliah Lapangan. Selama diperjalanan beberapa dari kami ada yang bercanda ketawa bersama teman yang lain, dan juga ada yang langsung beristirahat. Oh iya Kuliah Lapangan ini kami didampingi oleh dua orang dosen yang tentunya gokil abis dah, jadi Kuliah Lapangan kami semakin seru deh. Kita lanjutkan ceritanya ya..

Waktu saat itu kira-kira menunjukkan pukul 21:00 ada yang sudah terlelap namun banyak yang masih asik berkaraoke bersama. Semakin larut banyak diantara kami yang mulai beristirahat. Tidak lama setelah kami terlelap, ternyata kami sudah tiba di Hotel transit di daerah Surabaya, waktu itu sekitar pukul 01:35 dini hari. Ada yang unik nih guys dari hotel transit kami, mungkin karena ini hanya hotel yang cukup dibilang kecil, kami harus beristirahat dengan 6 orang satu kamar. Bayangkan kamar hotel yang hanya cukup untuk 2 orang kami pakai jadi 6 orang dalam satu kamar. Tapi tak apalah, karena kebanyakan dari kami juga nongkrong hingga pagi. Selain kamar yang kecil ada satu kejadian yang buat kami takut. Saat hendak masuk ke kamar hotel yang kami tempati bergoyang, namun banyak diantara kami yang tidak sadar. Hmm.. mungkin saking ngantuknya kali yaa. Namun ada beberapa yang merasakan getaran sehingga bergegas untuk keluar. Setelah itu beberapa dari kami langsung beristirahat, dan beberapa yang lain malah asik main kartu di depan hotel sampai pagi.

Cerita kami tidak berhenti disini ya teman-teman..

Mau tau cerita selanjutnya?? Stay tune terus yaa…..

To be Continue –>>

Cerita Kuliah Lapangan Prodi Sistem Informasi UAJY – Part 1


Haloo guyss.. apa kabar??? Ada cerita menarik nih dari mahasiswa-mahasiswi Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Beberapa minggu yang lalu mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2016 mengadakan Kuliah Lapangan. Seru lohh Kuliah Lapangannya… Tapi kok bisa seru gitu sih?? Memangnya ngapain aja Kuliah Lapangan tuh?? Yuk simak cerita berikut ini bareng-bareng, supaya temen-temen yang belum penah Kuliah Lapangan punya gambaran nihh…

Kalo menurut para ahli, Kuliah lapangan atau field trip merupakan suatu kegiatan kunjungan ke objek tertentu di luar lingkungan kampus, yang bertujuan untuk mencapai tujuan instruksional tertentu (Sumaatmadja,  1984).  Jadi kita pergi ke sebuah perusahaan untuk melihat dunia kerja secara nyata dan juga proses yang berjalan di dalamnya. Nah.. itu sekilas gambaran dan pengertian dari kegiatan Kuliah Lapangan.

Pertama-tama kita mulai dari persiapannya yaa. Sebelum melaksanakan Kuliah Lapangan kita harus mengisi KRS agar kita bisa mengikuti Kuliah Lapangan karena merupakan mata kuliah yang wajib. Kita diberi kebijakan oleh dosen pembimbing KL bahwa nilai UTS didapatkan jika kami berhasil berangkat KL dan tugas yang dikumpulkan untuk UAS berupa tugas. Tugas setiap kelompoknya berbeda-beda seperti laporan, artikel web, dokumentasi di media sosial, dan lainnya yang sumber informasinya berasal dari kegiatan Kuliah Lapangan berlangsung.

Jadi guys, jika kami tidak berhasil berangkat KL, maka kami otomatis tidak dapat mengikuti UAS. Untuk dapat mencapai tujuan kita yaitu berhasil berangkat KL, maka kami membentuk panitia dari beberapa orang yang mengikuti mata kuliah KL. Tujuan panitia dibentuk ini sebenarnya untuk mempermudah koordinasi nantinya antar pihak yang terlibat dalam pelaksanaan KL. Selain membentuk panitia, setiap kelompok yang telah dibagi masing-masing diminta untuk mencari satu biro travel dan mengundang pihak biro travel tersebut untuk melakukan presentasi penawaran dan kami sebagai calon pelanggan akan memilih diantara mereka atau istilahnya “tender”. Nah setelah biro travel sudah ditentukan yaitu Surya Agung Tour, kemudian ketua panitia  menandatangani kontrak setelah mengecek kepastian bus yang telah dijanjikan. Kontrak sudah fix, maka kami mulau mengurus izin kunjungan ke perusahaan. Perusahaan yang kami kunjungi dari hasil voting di kelas yaitu :

PT Indofood Sukses Makmur Tbk [Pasuruan Branch]

Merupakan cabang perusahaan Indofood yang kami kunjungi khusus memproduksi mie dari produk indomie dan packaging. Sedangkan bumbu indomie diproduksi di cabang lain dan dikirimkan ke cabang pasuruan untuk langsung di packaging bersama mie nya. Indofood cabang pasuruan terletak di Jl. Raya Beji Km. 32 Desa Cangkring Malang Bangil,Pasuruan Jawa Timur,Indonesia.

 

PT Yakult Indonesia Persada [Mojokerto]

Merupakan perusahaan jepang yang membuka pabrik di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi yakult dan botol yakult secara individu untuk menjaga kesterilan bakteri di produk Yakult. Yakult merupakan produk yang berisi bakteri Lactobacillus casei Shirota Strain sebanyak 6,5 miliar di setiap botolnya. Bakteri tersebut tidak dihasilkan di Indonesia, melainkan di impor langsung dari jepang. Pabrik Yakult yang dikunjungi berlokasi di Ngoro Industri, Ngoro, Jarang Sari, Lolawang, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

 

PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma) [Bali Camp]

Merupakan anak perusahaan Telkom di bawah kendali oleh Telkom Metra yang merupakan perusahaan milik telkom yang khusus untuk mengakuisisi perusahaan. Telkomsigma di Bali yang dikunjungi merupakan cabang dari perusahaan Telkomsigma jakarta yang terletak di Bali Camp yang sekaligus merupakan Villa&Resort. Telkomsigma Bali Camp merupakan perusahaan Software Developer yang mengusung konsep kantor “tidak membosankan” karena memiliki view dan ruang kerja yang tidak membosankan atau terkesan “Kreatif”. Telkomsigma Bali Camp terletak di Jl. Raya Pacung No.32A, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kuliah Lapangan pastinya punya manfaat dong guys, maupun itu manfaat formal ataupun informal. Yuk.. simak manfaat apa yang kita dapatkan selama kegiatan berlangsung.

Manfaat Kuliah lapangan bagi mahasiswa:

  1. Memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa mengenai teknologi informasi yang diterapkan di perusahaan tersebut.
  2. Memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan sumber daya dan manajemen terhadap informasi di perusahaan tersebut.
  3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk eksplorasi lebih lanjut mengenai teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan.
  4. Memperkaya wawasan yang berkaitan langsung dengan dunia industri.
  5. Meningkatkan keakraban antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dan dosen pengampu.

Manfaat bagi Institusi Pendidikan :

  1. Memperoleh masukan terkait isu-isu terkini dalam dunia kerja serta usaha penanganannya sebagai bahan referensi riset.
  2. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama dengan perusahaan yang dikunjungi.

Itu gambaran keseluruhan dari apa itu KL dan mengenai persiapan kita saat itu guys, tunggu kelanjutan cerita kami beberapa hari kedepan ya …..🙂

To be Continue –>>

 

 

Kuliah Umum : The Development of Research Framework on the Use of ICT for Agriculture


Progam Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta kembali menyelenggarakan Kuliah Umum pada hari Selasa, 23 Oktober 2018. Kuliah umum yang bertajuk “The Development of Research Framework on the Use of ICT for Agriculture” tersebut mengundang seorang pembicara dari negara tetangga. Beliau adalah Dr. Shafinah Kamarudin.

Dr. Shafinah merupakan seorang Senior Lecturer dari Universiti Putra Malaysia yang mempunyai minat riset di bidang Artificial Intelligence, Expert System, Management Information System, dan Human Computer Interaction.

Sesuai dengan tema kuliah umum, Dr. Shafinah menjelaskan tentang bagaimana membangun suatu framework penggunaan ICT dalam bidang agrikultur. Kuliah umum diawali dengan pemaparan Dr. Shalifah mengenai konsep dasar dari theory, model, dan framework serta perbedaan theoritical dan conceptual framework.

Di pertengahan kuliah umum, Dr. Shafinah mengajak semua peserta kuliah untuk berpartisipasi aktif dalam perkuliahan. Para peserta kuliah diminta untuk membentuk kelompok 3-4 orang. Kemudian Dr. Shafinah mengedarkan selembar kertas kosong pada masing-masing kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menuliskan apa saja permasalahan nyata yang biasa dihadapi oleh para petani di Indonesia. Berdasar jawaban dari setiap kelompok, kemudian ICT apa yang bisa digunakan untuk menjawab permasalahan atau tantangan yang dihadapi petani di Indonesia saat ini? Beberapa contoh diantaranya adalah dengan menggunakan Image Processing, Big Data, IoT, Expert System, AI, Sensor, Decision Support System, dan lain-lain.

Di akhir acara Ketua Prodi Sistem Informasi, Ibu Fl. Sapty Rahayu, ST., M.Kom memberikan cinderamata kepada Ibu Dr. Shafinah Kamarudin.

Kuliah umum yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2016 dan 2017, serta mahasiswa Magister Teknik Informatika ini cukup memberi gambaran kepada mahasiswa mengenai tahapan-tahapan metodologi riset yang baik dan benar. Semoga ini bisa menjadi bekal yang cukup bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian Tugas Akhir maupun Tesis 🙂