Seminar SMARTIVIST


Selasa, 2 April 2019 lalu, Program Studi Sistem Informasi bekerja sama dengan APTIKNAS dan Yorindo Communication menyelenggarakan Seminar SMARTIVIST. Seminar ini diisi oleh pembicara-pembicara yang sangat berpengalaman di bidang IT. Pembicara-pembicara tersebut antara lain Fanky Christian yang sekarang menjabat sebagai Ketua APTIKNAS DKI, Andrew Pradipta yang merupakan Country Manager Belden, Janto Widjaja Direktur PT. Mitra Mega Artaniaga, dan Ikhlas Bahar Direktur PT. Brilyan Trmatra Utama. Seminar ini merupakan salah satu seminar dari rangkaian Seminar sebelumnya yang dilangsungkan di beberapa kota di Indonesia seperti Surabaya dan Tangerang dengan tajuk Smart City, Smart Building, Smart Factory, Smart Hospitality, dan kali ini diselenggarakan di Yogyakarta yaitu UAJY dengan topik Smart City Activist. Dengan adanya seminar ini, diharapkan peserta semakin menyadari bahwa saat ini kita telah menyongsong era revolusi industri 4.0 dan sebagai warga negara yang peka terhadap teknologi dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang ada serta menjadi Smart City Activist. Di akhir seminar yang berlangsung meriah ini, terdapat kuis menarik berhadiah merchandise dari APTIKNAS untuk beberapa peserta seminar yang dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.

APTIKNAS GOES TO KAMPUS “SMART CITY ACTIVIST” (SMARTIVIST)


APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional) dikenal sebagai APKOMINDO adalah asosiasi Solusi TI yang beranggotakan Kepala Sekolah, Distributor, reseller solusi IT, Keamanan, Penyedia Internet, sistem telepon, dan pengembang perangkat lunak.
Pada kesempatan kali ini APTIKNAS bekerja sama dengan Program Studi Sistem Informasi UAJY akan menyelenggarakan Seminar SMARTIVIST Technology Industry 4.0 pada tanggal 2 April 2019 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tidak hanya seminar, anggota APTIKNAS membuka booth pendaftaran Magang. Jadi untuk mahasiswa yang hendak melaksanakan magang dan sedang mencari tempat untuk magang, dipersilakan membawa CV dan mendaftar langsung ke instansi yang diinginkan.

Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi SI UAJY


Setiap lulusan Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dituntun untuk dapat membuat suatu karya yang kemudian dituliskan dalam bentuk karya ilmiah/ skripsi sebagai bagian dari Tugas Akhir (TA). Karya ilmiah /skripsi mahasiswa sebagai bentuk dokumentasi pencapaian mahasiswa dalam tugas belajarnya. Buku pedoman penulisan skripsi ini dibuat untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan TA dan menyeragamkan bentuk penulisan. Buku ini menyajikan secara garis besar peta penulisan dan tatacara penyusunan serta penulisan tugas akhir.

Talk Show “Creative Writing” IDN Times Community Yogyakarta


Hendi Handoko, mahasiswa SI UAJY 2018 sedang memberikan materi tentang Creative Writing

Minggu, 3 Maret 2019, salah satu media multiplatform Millenials dan Gen Z ternama di Indonesia, IDN Times, menyelenggarakan event pertamanya di kota pelajar, Yogyakarta. Pada event kali ini, IDN Times Community Yogyakarta menyelenggarakan sebuah acara talkshow yang bertemakan “Creative Writing” atau kreatif dalam menulis. Event ini sendiri tidak dipungut biaya dan terbuka untuk publik.

Acara yang berlangsung di Spasso Cafe tersebut mengundang salah satu top writer regional Yogyakarta yang juga merupakan mahasiswa Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2018, Hendi Handoko, sebagai speaker di talk show tersebut. Acara ini dilaksanakan pada pukul 10 pagi dan berakhir pada pukul 1 siang. Para peserta di acara ini sendiri kurang lebih berjumlah 20 orang.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari moderator dan pembicara. Setelah melakukan pembukaan acara, para peserta disuguhkan tayangan video yang menampilkan profil dari IDN Times dan IDN Times Community itu sendiri. Usai menyaksikan video singkat dari IDN Times, sesi ngobrol-ngobrol santai bersama Hendi Handoko selaku speaker pun dimulai.

Moderator memberikan beberapa pertanyaan kepada pembicara mengenai dunia kepenulisan itu sendiri khususnya di platform IDN Times. Hendi Handoko menceritakan bagaimana cerita awal mengenal IDN Times dan sudah berapa lama menulis di IDN Times. Topik-topik yang dibahas pun tergolong santai namun dapat membuka wawasan para peserta mengenai proses “Creative Writing” itu sendiri.

Hendi Handoko yang telah menerbitkan kurang lebih 200 artikel di IDN Times memberikan tips & trik agar tulisan itu sendiri dapat diterima oleh editor IDN Times dan diterbitkan. Hendi juga sharing mengenai beberapa kiat-kiat menulis dan cara membagi waktu menulis dan kuliah. Setelah sesi tanya jawab dari moderator dan speaker selesai, para peserta pun dipersilahkan untuk memberi pertanyaan kepada Hendi untuk dijawab.

Respon para peserta pun cukup positif. Para peserta tampak antusias untuk memberi pertanyaan. Setelah sesi ngobrol dan sharing selesai, para peserta diminta untuk langsung membuka platform IDNTimes dan mencoba menulis. Para peserta juga diminta moderator untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan.

Acara ini sendiri ditutup dengan pemberian 3 doorprize kepada para peserta dan pemberian kenang-kenangan kepada Hendi Handoko selaku speaker. Hendi bersama para peserta dan crew juga melakukan sesi foto bersama sebelum pulang. Event perdana IDN Times Community Yogyakarta ini sendiri merupakan langkah awal dalam serangkaian acara yang berada di Yogyakarta. Untuk kedepannya, IDN Times Community Yogyakarta dipastikan akan kembali membuat event yang lebih menarik dan seru tentunya.

Pedoman Magang Prodi SI


Magang merupakan salah satu mata kuliah praktis yang ada di dalam kurikulum Strata-1 Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Magang memiliki jumlah SKS = 4 SKS dan berada pada semester 7. Tujuan dari Magang adalah memberikan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa. Diharapkan dengan melaksanakan Magang, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja berupa pengetahuan tentang lingkungan kerja, proses bisnis, analisa kebutuhan bisnis, sampai penggunaan Sistem Informasi/ Teknologi Informasi yang tepat di sebuah perusahaan.

Jadwal Kuliah dan Ujian Prodi Sistem Informasi Semester Genap 2018/2019


Jadwal UTS dan UAS Semester Genap 2018/2019
Program Studi Sistem Informasi

Peraturan Kewajiban Mengikuti Pengembangan Karakter


Peraturan Pembimbingan Akademik Prodi SI


Jadwal KRS Online Prodi SI UAJY Genap 1819


Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY – Part 5


Halo guys… Kembali lagi nih di Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY part yang ke-5. Kita lanjutin ya keseruan Kuliah Lapangan kita. Kita udah sampai di part paling seru nih guys, yaitu jalan-jalan. Nggak lengkap donk ke Bali kalau enggak jalan-jalan. Setelah selesai kunjungan terakhir kita di Bali Camp. Kita makan siang dlu nih guys di daerah bedugul. Bayangin aja nih, makan siang di daerah yang sejuk dengan view yang mantap, plus kumpul bareng sama teman-teman bikin suasana makan makin sip.

Setelah selesai makan sekitar Jam 1.00 PM WITA, kami berlanjut lagi ke Pusat Oleh-Oleh Krisna yang ada di daerah Kuta. Disana kita belanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di Jogja. Banyak banget loh oleh-oleh yang bisa di beli di Kresna, mulai dari makanan seperti Pie Susu Bali yang sudah terkenal banget, souvenir khas Bali, sampai baju-baju kaos barong yang keren-keren banget. Saking senengnya belanja kita sampai lupa waktu. Hingga akhirnya jam 4.00 PM WITA kita selesai lalu berangkat dari pusat oleh-oleh Krisna dan menuju ke Jimbaran buat “dinner” (Biar keren gitu hehehe) sampai disana sekitar jam 4.45 PM WITA. Disana kita dinner sambil melihat sunset di pinggir pantai yang keren banget, udah kayak disinetron-sinetron gitu deh.

Setelah sudah kenyang sehabis dinner, kita menuju ke hotel Harris dari pukul 7.20 PM WITA dan sampai di Hotel harris sekitar jam 8.00 PM WITA, disana kita melakukan pembagian kamar dan meletakkan barang-barang kami dan Beristirahat.

Keesokan harinya, Kami berangkat menuju ke Uluwatu sekitar pukul 8.00 AM WITA dan menempuh perjalan kurang lebih 1 jam dan kami sampai sekitar pukul 9.00 AM WITA. Uluwatu ini terletak di ujung selatan Bali nih guys.. Berada di ujung tebing yang menjulang tinggi di tepi samudra  tentunya memiliki pemandangan laut yang  indah banget. Apalagi panorama sunset nya… Oh iya, ada kejadian lucu nih guys… Uluwatu kan terkenal banget dengan monyet-monyet liar yang gemar mencuri barang apapun.. Nah, salah satu teman kami ada yang kena keusilan monyet-monyet disana, kacamatanya direbut paksa (biar dramatis guys… hehehe). Yang kena orang Bali asli lagi… Hahahaha. Kasian banget ya guys?.

Setelah foto-foto dan keliling Uluwatu, kami makan siang di tempat peristirahatan. Jadi setelah semua cerita panjang kita di Surabaya dan Bali, akhirnya pada pukul 2.00 PM WITA kami berangkat menuju kembali ke Yogyakarta. Menurut kami Kuliah Lapangan kali ini sangat berkesan dan menjadi pengalaman yang sangat menarik. Jadi, mungkin sekian cerita Kuliah Lapangan dari kami, semoga banyak hal yang bisa pembaca sekalian ambil dari cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi ’16 UAJY. Bye guys…

Cerita Kuliah Lapangan Sistem Informasi UAJY – Part 4


Lobby Bali Camp PT Sigma Cipta Caraka

Halo Guys. Di part ke-4 ini kita lantjukan cerita kuliah lapangan kita ya. Jadi, kami tiba di pulau Dewata Bali pada pukul 5.00 AM Waktu Indonesia Tengah, lalu kami diantarkan ke tempat transit untuk mandi dan sarapan pagi. Lalu, jam 8.00 AM Waktu Indonesia Tengah kami berangkat mengunjungi PT Sigma Cipta Caraka yang terletak di Jl. Raya Pacung No.32A, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali dan sampai pukul 10.00 WITA

Kami sangat tertarik banget berkunjung ke PT Sigma Cipta Caraka ini karena dari luar gedung aja terlihat bagus banget nih guys. Jadi, disana Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta diajak melihat sejarah telkomsigma, budaya-budaya perusahaan, dan tempat kerja para programer di telkomsigma.  Informasi-informasi menarik tersebut disampaikan oleh Bapak Gede Sumardika selaku Head of Project Support And Development Bali di PT. Sigma Cipta Caraka.

Sesi Penjelasan dan Tanya Jawab bersama Bapak Gede Sumardika

Setelah sesi penjelasan dan tanya jawab selesai, kami diajak untik melihat-lihat suasana kerja disana, banyak Hal menarik yang disajikan di Bali Camp. Kami salut banget nih dengan PT Sigma Cipta Caraka karena suasana kerjanya beda loh dari perusahaan-perusahaan yang biasanya. Karena, disana suasana kerjanya sangat flexible dan menyenangkan banget nih. Bagaimana tidak? Tempatnya udah bagus dan banyak banget pemandangan hijau dan udara yang sejuk banget nih. Jadi, suasana kerjanya tidak terlihat kaku dan dapat mengurangi tingkat stress para pekerja-pekerjanya. Jadi berasa liburan kan?

Suasana Kerja PT Sigma Cipta Caraka [Bali Camp ]

Eits… tidak cukup sampai disitu, selain suasana kerjanya yang oke banget PT Sigma Cipta Caraka juga memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang semangat para pegawai disana loh, salah satunya adalah adanya kelas Yoga, tempat Gym, dan pelatihan Team Building yang pastinya ser-seru banget. Selain belaja mengenai masalah Teknis dalam pekerjaan, disini kami juga belajar bahwa tidak selalu suasana kerja itu membosankan dan kaku.

jadi, setelah mengetahui banyak mengenai PT Sigma Caraka Akhirnya pada pukul 12.00 AM WITA kami pamit undur diri seraya memberikan cindera mata dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan dan simbol terima kasih kami terhadap PT Sigma Cipta Caraka yang bersedia meluangkan waktunya dan berbagi ilmu mengenai dunia kerja dan Budaya kerja serta sejarah perusahaan ini.

 

Foto Bersama

Penyerahan Cindera Mata

Jadi, Setelah selesai dari PT Sigma kita bakalan kemana lagi? Tunggu di part selanjutnya ya guys. Have a great day!