Kurikulum


Kurikulum Prodi Sistem Informasi UAJY telah menggunakan standar kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

Kurikulum Prodi SI terdiri dari 144 SKS dan dirancang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester. Untuk memenuhi 144 SKS mahasiswa harus mengambil matakuliah wajib dan 5 matakuliah pilihan. Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa dibimbing untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dimilikinya untuk memecahkan permasalahan nyata. Ada 3 matakuliah yang harus dilalui, yaitu Magang, Kuliah Kerja Nyata, dan Tugas Akhir. Mahasiswa diwajibkan Magang selama minimal 3-4 bulan di suatu perusahaan baik di dalam ataupun di luar negeri. Satu semester penuh dirancang untuk kegiatan Magang sehingga mahasiswa tidak mengambil matakuliah yang lain. 

Pada matakuliah Kuliah Kerja Nyata, mahasiswa diharapkan mampu hidup bermasyarakat dan mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. Proses pembelajaran diakhiri dengan pembuatan Tugas Akhir. Pada matakuliah ini mahasiswa benar-benar dituntut untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan menuliskannya dalam bentuk laporan ilmiah serta mempublikasikannya ke dalam jurnal/seminar.