FAQ Magang dalam Kondisi Pandemi


Tempat magang mana dan apa saja yang dapat diapply selama masa pandemi ini?

Teman2, utk kondisi sekarang, posisi apapun dan perusahaan/badan usaha/pt/cv/wirausaha dll apapun yg dituju tidak masalah. Namun jika bisa, usahakan yang ada hubungannya dengan SI yaitu perusahaan IT atau memiliki divisi IT.

Bekerjanya bagaimana?

Untuk mahasiswa yang mendapatkan posisi magang sesuai dengan profil/pekerjaan di bidang SI seperti Business Analyst, Quality Assurance, Tester, Product Owner, IT Project Manager, Quality Control, Programmer dll. Apa yang dilakukan saat magang akan lebih banyak kesesuaiannya dengan bidang SI, maka apa saja yang dilakukan bisa dilaporkan dalam laporan magang.

Namun untuk mahasiswa yang mendapatkan posisi magang non-SI maka nanti bekerjanya mengikuti apa yg diminta oleh perusahaan namun khusus utk laporan magangnya, mahasiswa diharapkan mencari pekerjaan/kasus/masalah yg bisa dihubungkan dengan makul2 yang pernah km ambil di SI. Misal: Pembuatan SOP (PPB), Analisis Antarmuka (ADI), membuat web (PP PBO), perenc strategis (PSSI dan menstra), analisis resiko (manrisk), dll

Saya mau mendaftar magang di perusahaan dan membutuhkan surat pengantar. Di mana saya dapat memperoleh surat pengantar dari kampus?

Bagi mahasiswa FTI yang akan melaksanakan KP/Magang, dan memerlukan surat pengantar dari Fakultas, dimohon untuk mengisi form secara online di alamat berikut : https://t.co/st0rhWCMRm. Permohonan yang tidak lengkap tidak akan diproses oleh TU FTI. Mohon untuk diperhatikan.

Setelah mendapat surat pengantar dari FTI, silakan apply ke perusahaan yang dituju dengan melampirkan persyaratan sesuai yang diminta perusahaan.

Pada form permohonan surat pengantar magang dari fakultas diminta CP (nomor telpon/hp) dari perusahaan tempat magang tsb, namun saya tidak mendapat informasi terkait CP tsb di Web/google. apa yang harus saya isikan di form?

isikan dahulu dengan nomor HP Sekprodi

Jika saya dinyatakan diterima selanjutnya bagaimana?

Buat Proposal Magang dengan ketentuan yang sudah ada di http://fti.uajy.ac.id/sisteminformasi/wp-content/uploads/2019/02/Pedoman-Magang-SI-ver0.3.pdf dan simpan bukti bahwa kalian diterima (email/surat resmi), kalau tidak ada, minta ke perusahaan. Bukti ini akan dilampirkan bersamaan dengan proposal magang.

Ajukan Proposal ke Prodi (CHP atau YP), lalu Prodi akan mengassign pembimbing Magang.

Jika Prodi sudah mengassign pembimbing magang lalu bagaimana?

Daftar magang via SIBIMA (http://fti.uajy.ac.id/sisteminformasi/sibima/).

uploader kartu seminar/ujian magang diisi dengan foto KTM saja.

Selanjutnya hubungi pembimbing Magang kalian dan mulai konsultasi terkait magang.

Saya sedang menyusun proposal magang, namun ada beberapa data seperti visi misi atau data lain  yang tidak dapat saya peroleh karena masalah confidential?

Buat proposal semampunya dulu sesuai data yang dipunyai. Yang diupload ke sibima adalah link one drive proposal magang kalian. Jika suatu saat nanti data yang belum lengkap sudah kalian punyai, kalian tinggal mengedit proposal tersebut pada one drive kalian.

Bagaimana prosedur bimbingan selama magang?

Untuk bimbingan magang dengan dosen pembimbing magang, bisa koordinasi langsung dengan dosen pembimbing. Bukti bimbingan juga harus dituliskan dalam sibima sebagai syarat ujian magang. Jangan lupa isi progress book selama magang.

Bagaimana cara mendaftar ujian magang ?

Utk teman2 yg berencana daftar ujian magang, pendaftaran dilakukan via SIPETA (https://fti.uajy.ac.id/sipeta/), approval dari bag ujian tiap minggunya dilakukan tiap hari SELASA dan ujian akan dilakukan pada minggu berikutnya.

Berkaitan dg hal tsb, mohon teman2 dapat menyesuaikan waktu pendaftaran dan konfirmasi ke dosbing magang serta prodi utk dapat memverif pendaftaran teman2 SEBELUM HARI SELASA.

Bagaimana jika saya sudah diterima di suatu perusahaan dan sudah mulai magang, namun saya sedang menunggu pengumuman diterima magang pada perusahaan lain?

Sah-sah saja mendaftar lebih dari satu perusahaan. Jika sudah diterima pada satu perusahaan dan mulai magang, kalian wajib input/daftar ke SIBIMA dengan mengisi perusahaan tempat magangnya adalah perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika kalian tidak diterima pada perusahaan incaran kalian yang lainnya dan agar kalian sudah dianggap sah memulai magang dan bisa bimbingan dengan dosbing magang. Jika nantinya kalian diterima pada perusahaan incaran kalian yang lainnya, kalian bisa mengulang proses pendaftaran pada SIBIMA dan memberitahukan pada dosbing magang dan Prodi bahwa kalian pindah perusahaan.

Bagaimana kalau saya mengambil magang dan TA (+ujian TA) secara bersamaan?

Terdapat dua kondisi untuk permasalahan ini:

yang pertama, jika saat kalian magang dan menyusun TA, TA yang kalian susun objek penelitiannya adalah perusahaan tempat kalian magang, maka TA kalian bisa juga dianggap sebagai magang. Jadi kalian cukup membuat 1 laporan yaitu laporan skripsi. Ujian Magang dan TA akan dijadikan 1.

yang kedua, jika saat kalian magang dan menyusun TA, TA yang kalian susun memiliki objek penelitian selain perusahaan tempat kalian magang, maka Laporan Magang dan Laporan Skripsi akan berbeda. Ujiannya juga akan sendiri-sendiri dan di waktu yang berbeda.

Untuk kedua kondisi di atas, secara administratif, kalian tetap KRS, Bimbingan, ujian: Magang, TA dan Ujian TA.

-->