Serunya berkunjung ke Tokopedia ditemani oleh Nakama


Mahasiswa Prodi Sistem Informasi saat berkunjung ke Tokopedia.

Pada hari Senin, 7 Oktober 2019, mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melaksanakan kunjungan ke beberapa perusahaan ternama, salah satunya perusahaan teknologi besar di Indonesia yaitu Tokopedia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi mata kuliah Kuliah Lapangan yang diampu oleh Bu Clara Hetty Primasari, S.T., M.Cs dan Bu Putri Nastiti, S.Kom., M.Eng. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dan pertukaran informasi antara mahasiswa dan pihak Tokopedia. Sehingga mahasiswa mengetahui secara real bagaimana kondisi di dalam industri teknologi khususnya di perusahaan Tokopedia.

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi yang lebih dari sekedar market-place yang berlokasi di Jakarta dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang tidak hanya berpengaruh di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Walaupun demikian, pihak Tokopedia secara terbuka menerima kunjungan dari para mahasiswa.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa didampingi oleh kakak-kakak pegawai yang bekerja di Tokopedia yang disebut dengan Nakama. Kegiatan berlangsung dalam beberapa sesi diantaranya sesi sharing dari kakak-kakak Nakama, room tour dan sharing dari kakak-kakak alumni UAJY yang bekerja di Tokopedia.

Sesi sharing dari Nakama dibawakan oleh dua pembicara yaitu kak Jonathan dari bagian Business Digital dan kak Farah dari bagian Human Resources Department  (HRD). Kak Jonathan berbicara mengenai awal mula terbentuknya Tokopedia, dari yang awalnya hanya berupa perusahaan market-place hingga sekarang menjadi perusahaan besar business digital, selain itu kak Jonathan juga memberitahukan project-project yang akan segera dirilis Tokopedia dalam beberapa bulan kedepan. Selain kak Jonatha, kami juga ditemani oleh Kak Farah, ia berbicara mengenai bagaimana proses perekrutan pegawai di Tokopedia, suasana dan budaya kerja di Tokopedia, acara-acara yang rutin diadaikan oleh Tokopedia serta memberikan tips and trick untuk mahasiswa dalam proses lamaran magang dan perekrutan pegawai di Tokopedia. Di setiap pergantian pembicara diselingi oleh sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung sangat menyenangkan karena mahasiswa sangat antusias dengan rasa ingin tahu yang tinggi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Tokopedia, terlebih Tokopedia juga memberikan beberapa hadiah kepada mahasiswa yang bertanya.

Setyo Syahindra, penanya dengan pertanyaan terbaik mendapat hadiah dari Tokopedia.

Setelah sesi sharing oleh Nakama, dilanjutkan dengan sesi room tour perusahaan Tokopedia. Kegiatan room tour adalah kegiatan yang sangat dinantikan oleh mahasiswa. Mahasiswa diajak berkeliling oleh para Nakama untuk melihat beberapa ruangan yang terdapat di Tokopedia, mulai dari pantry, meeting room, dan beberapa ruangan lainnya. Semua konsep ruangan Tokopedia mengedepankan kenyamanan, tidak terlalu formal sehingga Nakama merasa nyaman dalam bekerja.

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi saat room tour di Tokopedia.

Setelah room tour, dilaksanakan sesi sharing oleh kakak-kakak alumni UAJY yang bekerja di Tokopedia. Kakak-kakak alumni membagikan informasi mengenai divisinya masing-masing beserta job desk-nya, pesan dan kesan selama bekerja di Tokopedia, serta tidak lupa memberikan motivasi kepada adik-adik mahasiswa.

Selama kami berkunjung ke Tokopedia, kami sangat senang dikarenakan banyak sekali ilmu yang kami dapat sehingga dapat memberikan gambaran secara nyata akan dunia kerja terkhusus dunia industri teknologi. Terlebih, wejangan yang diberikan oleh kakak-kakak alumni UAJY yang sekarang bekerja di Tokopedia membuat kami lebih bersemangat lagi dalam berkuliah demi masa depan yang lebih cerah. #MulaiAjaDulu #MakeItHappenMakeItBetter

-->