Sejuknya Sambutan PT. KAI dalam Kunjungan Kuliah Lapangan Prodi Sistem Informasi UAJY


Pada tanggal 6-10 Oktober 2019 yang lalu mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan kunjungan Kuliah Lapangan. Kuliah Lapangan ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk memberi pengetahuan secara langsung tentang dunia kerja khususnya bidang Sistem Informasi secara langsung. Tahun ini mahasiswa SI berkesempatan mengunjungi Jakarta dan Bandung. Kunjungan dilakukan di 4 perusahaan diantaranya adalah Jakarta Smart City dan Tokopedia yang berada di Jakarta dan PT Transforma serta PT KAI yang berada di Bandung.

Tepat pada 8 Oktober 2019 setelah kunjungan dari Jakarta kami menuju Bandung dan mengunjungi PT KAI yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 1, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. PT KAI menyambut kami dengan baik dan ramah, kami disambut oleh ibu Ida Widayati selaku Vice President Assessment & Human Resource Development PT KAI Persero. Suasana kantor yang sangat khas dan masih tradisional mempunyai kesan tersendiri bagi kami bisa melihat PT KAI. Pada sesi kali ini, Ibu Ida membawakan materi mengenai transformasi PT KAI yang seperti kini kita ketahui bahwa Kereta Api sudah tidak seperti dahulu, dilihat dari pelayanan, keamanan, fasilitas, dan yang lain sebagainya. PT KAI berhasil membawa perubahan yang luar biasa dan salah satu penunjang perubahan yaitu pengaruh dari Teknologi Informasi seperti kini tersedianya pelayanan melalui aplikasi yang bernama KAI Access, di mana semua bisa memesan, mengubah jadwal, membatalkan serta melihat jadwal tiket tanpa harus mengantri dan berdesak-desakan. Bukan hanya itu, PT KAI berhasil mengubah suasana kereta api yang dahulu kumuh dan berantakan serta banyak orang yang nekat naik di atas atap kini menjadi tertib, aman, nyaman, dan bersih serta tidak ada lagi orang yang naik di atas atap. Hal ini merupakan hasil dari penerapan Teknologi Informasi melalui sistem e-ticket. PT KAI benar-benar berkomitmen dalam pengembangan Teknologi Informasi dan akan terus berlanjut.

Melihat luar biasa pentingnya Teknologi Informasi dapat merubah banyak aspek membuat kami yakin bahwa peran lulusan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi khusunya Sistem Informasi mempunyai peranan penting dalam banyak bidang. Kami pun merasa bangga dan senang bisa hadir dan disambut oleh PT KAI. Hal lainnya yang membuat kami senang adalah pada saat itu Kota Bandung diguyur hujan mengingat sudah lama kami merasakan musim kemarau. Ini jadi kebahagiaan tersendiri bagi kami bisa merasakan dingin Kota Bandung yang sebenarnya. Terimakasih PT KAI dan Kota Bandung yang telah menyambut kami dengan hangat.

-->