Jakarta Smart City, Awal Perubahan Indonesia


Hello sahabat SI, gimana kuliah kalian, lancar?

Artikel kali ini akan membahas tentang kuliah lapangan yang diselenggarakan pada tanggal 6-10 Oktober 2019 bagi mahasiswa angkatan 2017. Tenang saja nanti pada semester 5 kalian pasti akan dapat pengalaman ini. Pada saat kuliah lapangan kami mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan yang ada di Jakarta dan Bandung salah satunya adalah JSC (Jakarta Smart City), apa itu Jakarta Smart City?

Jakarta Smart City adalah pengaplikasian konsep smart city yang mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengontrol berbagai sumber daya di suatu kota dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan publik, menyediakan solusi untuk masalah, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Di bawah ini merupakan fitur-fitur yang disediakan Jakarta Smart City.

  • Smart People

Smart People merupakan kaum milenial yang memiliki talenta serta kreatifitas yang tinggi. Program yang mendukung Smart People ini adalah pendiikan abad-21, masyarakat inklusif, dan menghargai kreativitas.

  • Smart Mobility

Smart Mobility merupakan konsep baru yang menawarkan solusi untuk menekan angka kemacetan di Jakarta dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan angkutan umum yang disediakan oleh Pemprov Jakarta. Pemprov Jakarta juga telah menambah armada untuk angkutan umum yang ada di Ibukota Jakarta agar mempermudah masyarakat Ibukota dan tidak perlu menunggu terlalu lama.

  • Smart Living

Smart living merupakan konsep untuk membuat kota Jakarta menjadi lebih baik untuk ditempati oleh warga nya dengan menjaga keamanan dan kenyamanan serta hidup sehat.

  • Smart Economy

Smart Economy merupakan konsep dari Pemprov yang merangkul para pengusaha lokal agar bisa bersaing satu sama lain dengan adil dan juga menetapkan harga yang sesuai untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Selain itu membantu para pengusaha untuk lebih kreatif dan up to date. 

  • Smart Environment

Smart Environment menerapkan konsep ramah lingkungan, hemat energi dan bangunan ramah lingkungan.

  • Smart Government

Smart Government menerapkan sistem transparansi kepada masyarakat Jakarta sehingga mereka bisa mengetahui perkembangan bagaimana pemerintah menjalankan tugas nya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan warga Jakarta untuk mengakses atau memanfaatkan Jakarta Smart City seperti melalui aplikasi mobile, sosial media. Walaupun kita tidak memiliki kuota untuk mengakses itu semua, kita bisa sms atau telepon untuk menghubungi customer service yang ada. Selain itu, berbagai data juga dapat diakses melalui website resmi Jakarta Smart City di portal smartcity.jakarta.go.id dengan berbasis  pemetaan seperti tracking busway, data penyakit, lokasi rumah sakit, biaya pertanahan di Jakarta, puskesmas, sekolah, peta eco-region, data kependudukan, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Warga juga dapat melihat keadaan terkini Jakarta melalui CCTV online yang terdiri lebih 7600 CCTV yang terintegrasi dengan pintu air, jalan raya, dan lainnya.

Pemprov DKI Jakarta juga melakukan Smart Collaboration dengan 8 perusahaan digital yang terdiri dari 3 emerging startups, yaitu Nodeflux, duithape, dan Botika. Lima perusahaan digital raksasa, seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak dan Shopee . Delapan perusahaan ini akan mengawali program kolaborasi di bidang yang berbeda. Jakarta Smart City juga akan dikembangkan menjadi innovation hub dan living lab bagi ekosistem digital di DKI Jakarta. Dan nantinya Jakarta Smart City meningkatkan implementasi kota cerdas melalui teknologi dengan menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah.

-->