Upskilling dan Reskilling untuk Menghadapi Era 4.0


Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan Talk Show dengan tema “Towards Creative Indonesia with Information System in 4.0 Era” di Auditorium Kampus 2, Gedung Thomas Aquinas UAJY, Jumat (18/10). Acara ini menghadirkan 4 (empat) narasumber yang menyampaikan materi tema dari berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang pemerintah disampaikan oleh Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng. selaku perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika DIY. i, Agustinus Fritz Wijaya sebagai Direktur Conference Committee AISINDO dari sudut pandang akademisi, Fanky Christian sebagai Ketua DPD DKI Asosiasi Pengusaha TIK Nasional dan Karim Taslim sebagai Direktur PT Skymind Technology Indonesia menyampaikan materi dari sudut pandang praktisi. Dengan narasumber yang berasal dari pemerintah, akademisi, dan praktisi, diharapkan peserta mendapatkan gambaran yang utuh mengenai penerapan sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam acara ini, disampaikan bahwa penggunaan teknologi informasi yang sangat luas telah mengubah banyak aspek kehidupan masyarakat, khususnya dalam jenis pekerjaan. Saat ini masyarakat sedang menghadapi disrupsi teknologi di mana pekerjaan yang repetitif mulai digantikan oleh komputer. “Peran manusia masih sangat dibutuhkan, khususnya dalam menganalisis data dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, upskilling dan reskilling sangat dibutuhkan oleh siapapun untuk menghadapi perkembangan zaman,” ujar Karim Taslim. Walaupun teknologi berkembang dengan sangat pesat, unsur budaya tidak boleh ditinggalkan. Sayuri Egaravanda dari Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mengatakan, “Penerapan sistem informasi di kota Jogja sangat terbuka namun perlu diperhatikan memperhatikan unsur budaya Yogyakarta. Misalnya tidak diperbolehkannya memasang layar besar di sepanjang Jalan Malioboro.”

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Sistem Informasi (SI) UAJY, acara ini juga diikuti oleh HIMSI se-DIY dan Jawa Tengah, antara lain mahasiswa dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas AMIKOM Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Respati Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dan UPN Veteran Yogyakarta. Selain menambah pengetahuan, acara ini diharapkan dapat membangun relasi yang lebih solid antar mahasiswa Sistem Informasi se-DIY dan Jawa Tengah.

-->