Mahasiswa SI UAJY jadi Speaker Talk Show “Creative Writing” IDN Times Community Yogyakarta


Hendi Handoko, mahasiswa SI UAJY 2018 sedang memberikan materi tentang Creative Writing

Minggu, 3 Maret 2019, salah satu media multiplatform Millenials dan Gen Z ternama di Indonesia, IDN Times, menyelenggarakan event pertamanya di kota pelajar, Yogyakarta. Pada event kali ini, IDN Times Community Yogyakarta menyelenggarakan sebuah acara talkshow yang bertemakan “Creative Writing” atau kreatif dalam menulis. Event ini sendiri tidak dipungut biaya dan terbuka untuk publik.

Acara yang berlangsung di Spasso Cafe tersebut mengundang salah satu top writer regional Yogyakarta yang juga merupakan mahasiswa Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2018, Hendi Handoko, sebagai speaker di talk show tersebut. Acara ini dilaksanakan pada pukul 10 pagi dan berakhir pada pukul 1 siang. Para peserta di acara ini sendiri kurang lebih berjumlah 20 orang.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari moderator dan pembicara. Setelah melakukan pembukaan acara, para peserta disuguhkan tayangan video yang menampilkan profil dari IDN Times dan IDN Times Community itu sendiri. Usai menyaksikan video singkat dari IDN Times, sesi ngobrol-ngobrol santai bersama Hendi Handoko selaku speaker pun dimulai.

Moderator memberikan beberapa pertanyaan kepada pembicara mengenai dunia kepenulisan itu sendiri khususnya di platform IDN Times. Hendi Handoko menceritakan bagaimana cerita awal mengenal IDN Times dan sudah berapa lama menulis di IDN Times. Topik-topik yang dibahas pun tergolong santai namun dapat membuka wawasan para peserta mengenai proses “Creative Writing” itu sendiri.

Hendi Handoko yang telah menerbitkan kurang lebih 200 artikel di IDN Times memberikan tips & trik agar tulisan itu sendiri dapat diterima oleh editor IDN Times dan diterbitkan. Hendi juga sharing mengenai beberapa kiat-kiat menulis dan cara membagi waktu menulis dan kuliah. Setelah sesi tanya jawab dari moderator dan speaker selesai, para peserta pun dipersilahkan untuk memberi pertanyaan kepada Hendi untuk dijawab.

Respon para peserta pun cukup positif. Para peserta tampak antusias untuk memberi pertanyaan. Setelah sesi ngobrol dan sharing selesai, para peserta diminta untuk langsung membuka platform IDNTimes dan mencoba menulis. Para peserta juga diminta moderator untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan.

Acara ini sendiri ditutup dengan pemberian 3 doorprize kepada para peserta dan pemberian kenang-kenangan kepada Hendi Handoko selaku speaker. Hendi bersama para peserta dan crew juga melakukan sesi foto bersama sebelum pulang. Event perdana IDN Times Community Yogyakarta ini sendiri merupakan langkah awal dalam serangkaian acara yang berada di Yogyakarta. Untuk kedepannya, IDN Times Community Yogyakarta dipastikan akan kembali membuat event yang lebih menarik dan seru tentunya.

-->