Selayang Pandang

Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta  (PSTI UAJY ) didirikan sejak tahun 1990, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0584/0/1990. Sampai saat ini PSTI UAJY sudah menghasilkan kurang lebih 2500 lulusan yang sebagian besar bekerja pada sektor industri swasta.  Selain itu terdapat alumni yang juga berwirausaha maupun pekerja pada sektor pemerintahan dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sejak tahun 2010 sampai sekarang  PSTI UAJY  mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) Indonesia. Pada tanggal 17 Maret 2017, PSTI UAJY kembali mendapatkan Status Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor 0117/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/III/2016. Program Studi Teknik Industri berkomitmen untuk senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Sejak tahun 2017 PSTI UAJY  menerapkan Outcome Based Education. 

Saat ini PSTI UAJY mempunyai 28 staf pengajar, 6 orang di antaranya bergelar Doktor, 12 diantaranya sedang melanjutkan S3 baik pada universitas di dalam negeri maupun luar negeri, dan 6 orang bergelar Master.

PSTI UAJY dilengkapi dengan 8 fasilitas laboratorium yaitu: 1) Laboratorium Dasar Rekayasa; 2) Laboratorium Teknologi Manufaktur; 3) Laboratorium Sistem Kerja danErgonomi; 4) Laboratorium Sistem Produksi; 5) Laboratorium  Pemodelan dan Optimasi; 6) Laboratorium Sistem Bisnis dan Pendukung Keputusan; 7) Laboratorium Otomasi; 8) Laboratorium Ritel.

Selain itu PSTI UAJ Y dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti Ruang Baca Program Studi, Student Corner, Ruang Kerja Mahasiswa, Ruang Diskusi. Selain itu terdapat beberapa  layanan kepada mahasiswa antara lain penyediaan: 1) Sistem Informasi Akademik (SIATMA); 3) Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA); 4) Layanan Perpustakaan UAJY; 5) Layanan Internet; 6) Layanan Learning Management System;7) Lisensi Software; 8) Office 365; 9) Blog Hosting;  10) Portal Unit Kegiatan Mahasiswa; 11) Digital Signage;12) IT Lounge; 13) Sistem Informasi Pengguna TIK (Atmanesia); 14) Sistem Informasi Helpdesk KSI UAJY; 15) Beasiswa; 16) Asuransi Peserta Kuliah Kerja Nyata; 17) Dana Kesetiakawanan Kesehatan (DKK) Bagi Mahasiswa; 18)Bimbingan Konseling; 19) Program Pengembangan Softskill mahasiswa; 20) Program Pengembangan skill mahasiswa.

Untuk orang tua yang ingin memantau perkembangan putra – putrinya yang sedang  menuntut ilmu di PSTI UAJY maka disediakan layanan Sistem Informasi Akademik Orang Tua.

Setiap tahunnya PSTI UAJY menerima kurang lebih 160 mahasiswa baru  di mana mahasiswa baru tersebut berasal dari seluruh wilayah Indonesia sehingga mahasiswa PSTI UAJ Y terbiasa untuk bekerja dengan kondisi multikultural. Soft skll mahasiswa terasah dengan adanya program – program ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh  mahasiswa. Setiap mahasiswa mempunyai Dosen Pembimbing Akademik (DPA) sehingga mahasiswa dapat berkonsultasi terkait hal-hal akademik, dan untuk konsultasi hal-hal di luar akademik, maka UAJY menyediakan layanan konseling di bawah koordinasi Kantor Kemahasiswaan, Aumni dan Campus Ministry (KKACM).

Sejak tahun 2001 Program Studi Teknik Industri menyelenggarakan Program Sarjana Khusus Kelas Internasional.  Berdasarkan Dokumen Studi Kelayakan Pendirian Teknik Industri Kelas Internasional, tujuan didirikannya Teknik Industri Kelas Internasional adalah:

  1. Menciptakan keunggulan bersaing bagi alumni maupun staf pengajar dalam menghadapi era global
  2. Mendukung program kerja sama institusional yang telah dibuat, terutama dengan kerja sama dengan Perguruan Tinggi di luar negeri antara lain : student dan faculty exchange program
  3. Menciptakan iklim internasional di lingkungan civitas akademika UAJY yang pada akhirnya menciptakan manfaat yang sinergistik

Berita

Pengumuman