Hasil Lomba INDUSTRIAL DESIGN SEMINAR & COMPETITION 2011


Industrial Design Seminar & Competition (INDISCO) merupakan suatu perlombaan desain produk industri yangdikemas dengan seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. INDISCO tahun ini merupakan kali ketiga, dengan tema lomba Compact Household with Ergo-Foldaway Design dan acara puncaknya diselenggarakan 26-27 November 2011 di Hotel Gracia, Semarang.

2 (dua) tim dari Program Studi TI UAJY mengikuti lomba ini, yaitu:

1. Tim “Ergo UAJY”

Anggota tim: Laurent Sanjaya, Marsela Gerada Pausha, Yunda Bella Paramitha

Nama produk : JET SET

2. Tim “AGE 09”

Anggota tim: Tan Evan Anthony, Agustinus Agung Wijaya, Gustav Albertzeth

Nama Produk: FURNISHING

 

Seleksi tahap awal dinilai oleh juri dari Jurusan Teknik Industri UNDIP. Kedua tim lolos seleksi tahap awal (25 besar dari 47 peserta).

 

Seleksi Tahap 1

Peserta mempresentasikan karyanya di hadapan juri. Presentasi harus dilengkapi dengan tampilan animasi produk.

Tim juri terdiri dari 3 orang, yang mewakili bidang arsitektur, teknik dan perwakilan industry (ASIMINDO). Kriteria penilaian meliputi:

· Kesesuaian desain dengan tema yang dilombakan

· Orisinalitas Produk

· Fungsional Produk

· Aspek ergonomi dan estetika

· Nilai Jual Produk (dari segi kebutuhan)

· Karakteristik Produk (usability, reliability, durability, maintainability, dll.)

· Pertimbangan Aspek Design forManufacture

· Performansi dalam presentasi

 

Komentar/usulan dari tim juri menjadi masukan bagi tim untuk melakukan revisi dari karyanya.

Seleksi Tahap 2 (final)

Hasil penilaian seleksi tahap 1 ditambah skor seleksi tahap awal menentukan 5 desain terbaik yang berhak masuk seleksi tahap 2 yang merupakan babak final lomba. Pada tahap ini peserta mempresentasikan karyanya yang sudah direvisi di hadapan juri & seluruhpeserta lomba. Tim juri tahap ini berbeda dari tim juri tahap 1.

Tour Produk

Seluruh peserta menampilkan karyanya dalam bentuk banner dan animasi produk dengan komputer. Peserta lomba & peserta seminar mengunjungi stand-stand peserta & memberikan penilaian pada salah satu karya yang dianggap menarik. Produk dengan penilaian terbaik dari peserta menjadi juara favorit dalam lomba ini.

 

Hasil Lomba & Evaluasi

Hasil penilaian seleksi tahap awal dan tahap 1, skor total tim “Ergo UAJY” menempati urutan ke-6, sehingga tidak masuk ke seleksi tahap 2 (final). Sangat disayangkan karena hanya selisih skor 6.5 dengan tim urutan ke-5.

Menurut analisis kami (anggota tim dan pembimbing) Tim “Ergo UAJY” unggul dalam analisis & presentasi, tetapi lemah di animasinya (animasi 3 dimensi belum mampu menunjukan proses amssembly dan disassembly serta menunjukan fingsi/fitur produk). Selain itu kita juga mempunyai start awal (nilai proposal yang rendah, urutan no 14), hal ini karena pembimbing tidak optimal memberikan masukan.

Sedangkan tim “AGE 09” hanya menempati urutan ke-24. Memang tim ini masih kurang pengalaman dan perlu banyak belajar untuk dapat berkompetisi di level nasional. Anggota tim ini adalah mahasiswa angkatan 2009, dan ini adalah kali pertama mereka mengikuti lombadesain produk. Berbeda dengan tim “Ergo UAJY” yang beranggotakan mahasiswa angkatan 2008 dan telah berpengalaman mengikuti lomba desain produk sebelumnya.

Mengingat lomba ini rutin diselenggarakan setiap tahun, maka Lab. APK&Ergonomi dan Kelompok Studi Ergonomi (KSE) HMTI mempersiapkan tim “AGE 09” ini untuk mengikuti lomba tahun depan disamping juga kemungkinan membentuk tim baru untuk memperkuat tim UAJY dalam berbagai lomba desain produk.

Lima tim yang masuk final Indisco 2011 adalah tim dari President Unversity, ITT Telkom, Maranatha, UGM dan UI. Pemenang lomba ini adalah sbb:

Juara 1 : “FOLDEXTOP” Universitas Maranatha, Bandung

Juara 2 : “SUPER IRONING BOARD” President University, Jakarta

Juara 3 : “IZZY BED” Universitas Indonesia, Jakarta

Juara Favorit : Universitas Diponegoro, Semarang

 

Informasi:

1. Masyarakat khususnya industri sangat tertarik dalam kegiatan ini karena menghasilkan sesuatu yang nyata, yaitu desain produk.

2. Prodi dan mahasiswa dapat manfaat banyak, antara lain: prestasi hasil lomba, dikenal masyarakat/industri, mengethui positioning prodi di antara prodi TI, kerja kolaborasi, masukkan dari pihak luar khususnya industri untuk pengembangan kurikulum.