Kerjasama dengan Nokia


Selepas menjalankan tugas sebagai pembicara dalam seminar Mutievent 2011, Narenda Wicaksono (Developer Marketing Manager, Nokia Indonesia) dan Alex Budiyanto (N.Ice Academic Developer Evangelist) diundang oleh program studi Teknik Informatika untuk membicarakan kemungkinan dilakukannya kerjasama.

Pertemuan antara UAJY dan Nokia

Program studi Teknik Informatika, dalam hal ini diwakili oleh dosen-dosen dari peminatan studi Mobile Computing dan pihak Nokia akhirnya memutuskan beberapa hal:

  1. UAJY akan melaksanakan kegiatan praktikum mobile dengan 12 pertemuan dan masing-masing berdurasi 2.5 jam.
  2. UAJY meminta Nokia menyediakan kurikulum untuk praktikum tersebut dan tersedia awal July 2011.
  3. UAJY akan mengarahkan mahasiswa/i yang mengikuti praktikum untuk melakukan submission dari aplikasinya ke http://publish.ovi.com
  4. Aplikasi yang berhasil melalui verifikasi dari pihak Nokia berarti telah memenuhi standar aplikasi mobile dan pengembang aplikasi tersebut telah berhasil menghadapi “real world scenario” dan bisa menjadi salah satu kriteria penilaian kelulusan praktikum.
  5. Pihak Nokia bersedia menyediakan beberapa tipe handphone yang akan digunakan dalam praktikum.

Dalam pembicaraan itu dimungkinkan juga mahasiswa yang berhasil publish ke OVI akan memperoleh sertifikat, dan kemudian diadakan kontes untuk mendapatkan handphone yang disediakan oleh pihak Nokia.

Dari kerjasama ini diharapkan komunitas Teknik Informatika UAJY semakin bersemangat untuk melakukan eksplorasi dalam pengembangan aplikasi mobile.