FTI UAJY di Ajang Kontes Robot Indonesia 2011


Kontes Robot Indonesia 2011 ini adalah ajang tahunan kompetisi robot di Indonesia untuk kalangan mahasiswa khusus di bidang teknologi. Kontes ini juga diadopsi dari kontes robot internasional. Untuk kategori kontes yaitu sebagai berikut:

1.Kontes Robot Indonesia (KRI)

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2011 sepenuhnya mengadopsi rule ABU Robocon 2011 yang diadakan di Bangkok dengan Tema “Loy Krathong, Lighting Happiness with Friendship”, yaitu untuk kontes Internasional Asia-Pasific.

2. Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda & Berkaki dengan tema “Robot Pemadam Api”

Sementara itu, untuk divisi KRCI beroda dan berkaki rulenya sama seperti tahun lalu, hanya saja pada tahun 2011 pertandingannya dikompetisikan. Jadi dua robot berlomba cepat memadamkan api dan kembali ke home masing-masing robot, dalam lapangan yang terpisah tetapi dengan mode yang sama. dan pada tahun ini juga tidak ada pemilihan mode oleh peserta. Pemilihan mode dilakukan acak oleh komputer dewan juri. Kemudian di bawah lapangan KRCI berkaki dan beroda dipasang roda, jadi posisi lapangan bisa sewaktu-waktu bisa dirubah oleh panitia..

3. Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Battle:

Untuk th 2011 divisi ini mengadopsi rule pada RoboCup 2010/2011 dengan tema: “RoboSoccer Humanoid league” atau “LIGA SEPAKBOLA ROBOT HUMANOID”

4. Kontes Robot Seni Indonesia(KRSI):

Temanya adalah “Robot Penari Klono Topeng”

Semua aturan pertandingan (kontes) yang menjadi panduan KRI KRCI KRSI dicetak resmi oleh DP2M DIKTI (panitia penyelenggara).

Fakultas Teknologi Industri UAJY mengirimkan 1 team KRI (QUEEN) dan lolos seleksi tahap 1 dan tahap 2. Saat ini team Robot FTI UAJY (QUEEN) sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi tahap III

Maju terus … VIVA FTI UAJY …

Hasil penjurian tahap 2 selengkapnya download di sini.