Hasil Informatics Innovative Contest (I2C) 2011: “Iklanku, kreasiku”


Tanggal 26 Februari 2011, HIMAFORKA (Himpunan Mahasiswa Informatika UAJY) mengadakan event I2C (Informatics Innovative Contest) yang biasanya diadakan 1 tahun sekali sebagai event Program Studi Teknik Informatika. Tema I2C 2011 ini adalah “Iklanku, kreasiku” yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa UAJY dalam bidang multimedia. Ketua Panitia I2C 2011 adalah Yoel Bondan Aryotejo, jurusan Teknik Informatika Angkatan 2010. Acara ini diselenggarakan di auditorium lantai 4 gedung Bonaventura dan dihadiri oleh mahasiswa UAJY.

Para pemenang I2C 2011

Lomba I2C kali ini adalah membuat iklan yang mempromosikan UAJY dengan durasi 2 menit sampai 3 menit. Pesertanya adalah maksimal 4 orang mahasiswa UAJY (minimal 1 dari prodi Teknik Informatika). Video iklan dari peserta dimuat di Youtube, dan kemudian bisa mendapatkan dukungan (like) dari penonton, serta diakumulasi dengan votting secara langsung selama acara untuk memilih iklan terfavorit. Juri memilih 5 iklan terbaik yang akan presentasi tentang iklannya pada saat acara. Dari 5 terbaik yang presentasi ini dipilih lagi untuk mencari juara 1, 2 dan 3.

Selain menampilkan presentasi dari peserta yang terpilih dan komentar dari dewan juri, acara ini juga diselingi dengan kuis untuk penonton dan persembahan lagu dari mahasiswa. Juri lomba ini adalah Prof. Ir.Suyoto,Msc,Ph.D. (dosen di bidang multimedia dari FTI), Ign. Agus Putranto (dosen di bidang multimedia dari FISIP), S.Y.Eri Kuncoro (dari PT. Petakumpet Creative Network).

Total peserta yang ikut lomba ini ada 9 kelompok. Peserta yang menjadi 5 terbaik pilihan juri adalah kelompok Picture Motion, Night Project, Trah Ndeso, ARR*Y dan 18 Hours. Peserta yang kali ini belum berhasil menduduki 5 besar adalah 3 Jaka, 88 Adverdtising, Beta House dan The Project. Juara 1 untuk lomba ini adalah dari Picture Motion, juara 2 adalah Night Project, juara 3 adalah Trah Ndeso, dan juara terfavorit adalah ARR*Y.

Picture Motion yang memenangkan perlombaan ini menampilkan video stop motion yang sasaran iklannya tertuju untuk anak-anak SMA. Iklan ini menampilkan seorang tokoh mulai dari pelajar SMA hingga menjadi sukses. Beberapa objeknya adalah bangunan di UAJY. Iklan dibuat dengan banyak foto yang diurutkan (stop motion) dan digabungkan dengan animasi latar belakang (kondisi di sekitar tokoh). Kelompok ini terdiri dari Alexander Geraldy Fernandez, Calvin Damas Emil, Adi Prasetyo dan Vincentius Budi.