SMA Negeri 1 Tegal Juarai TIOS


Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UAJY menyelenggarakan TIOS (Teknik Industri on the Spot). TIOS merupakan Lomba Karya Ilmiah tingkat SMA se-DIY dan Jawa Tengah.  Lomba karya ilmiah ini mengusung tema industrial future. Menurut Roswita Sinaga (Ketua HMTI), lomba ini diadakan dengan tujuan untuk melatih anak-anak SMA agar dapat membuat karya ilmiah dengan baik dan benar serta memperkenalkan dunia industri kepada siswa SMA. Acara TIOS diadakan di Auditorium Kampus Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta, pada hari Sabtu, 19 Februari 2011, mulai pada pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Setiap sekolah yang akan berpartisipasi dalam lomba ini mendaftar ke panitia dan mengirimkan hasil karya ilmiah kelompok. Karya ilmiah yang telah lolos seleksi kemudian mengikuti briefing terlebih dahulu pada 18 Febuari 2011. Seleksi menghasilkan 6 kelompok yang LOLOS seleksi awal, terdiri dari SMA Kristen 1 Salatiga berjumlah 2 kelompok, SMA Negeri 1 Kalasan 2 kelompok, dan SMA Negeri 1 Tegal sejumlah 1 kelompok. Selanjutnya masing masing kelompok mempresentasikan karya ilmiah yang mereka buat. Persentase penilaiannya adalah 70% karya ilmiah dan 30 % untuk wawancara. Lomba ini dinilai oleh 3 juri yaitu The Jin Ai, D.Eng (Ketua Progam Studi Teknik Industri UAJY), Drs. M. Sudartomo, M.Hum. (praktisi dan penulis buku), dan Josef Hernawan Nudu, ST.,MT. (dosen Teknik Industri UAJY).

Acara TIOS ini diramaikan juga dengan bazaar yang diadakan di halaman depan Gedung Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Bazaar diadakan pada pukul 11.30 – 16.00 WIB dengan tema “Valentine Vibratation”.  Acara dipandu oleh MC Dandy dan Christ. Untuk memeriahkan suasana bazaar, berbagai macam band dan dance ikut tampil pada acara tersebut. Peserta bazaar terdiri dari berbagai macam stand, yaitu stand makanan (Lotek Colombo, Martabak House, Villa Crepes, Rumah Coklat), stand minuman, ice cream, dan stand nail art. Acara ini disponsori oleh 2 Tang dan Teh Botol SOSRO.

Pemenang Lomba TIOS berfoto bersama (dari Ki-Ka : Juara 1, Juara 2, Juara 3, Wadek III FTI UAJY, MC: Vivi)

Setelah beristirahat sejenak, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang dimulai pada pukul 18.00 WIB. Tampil sebagai Juara Pertama adalah kelompok dari SMA Negeri 1 Tegal, Juara Kedua SMA Negeri 1 Kalasan, dan Juara Ketiga diraih oleh SMA Kristen 1 Salatiga. Masing-masing juara mendapat Trophy, Sertifikat, dan Uang Pembinaan. Juara Pertama mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,00. Juara Kedua memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000,00 dan juara Ketiga memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00. Fakultas Teknologi Industri UAJY juga memberikan beasiswa kepada para pemenang lomba.

Diliput oleh :

Siska Ling (IMAGE)