Senat Mahasiswa FTI UAJY adakan Bakti Sosial di Muntilan


Dalam rangka pemulihan pasca bencana erupsi Merapi, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (SEMA FTI UAJY) mengadakan bakti sosial di TK-SD Pangudi Luhur St. Ignatius Muntilan dan SMP Kanisius Muntilan. Acara bakti sosial  ini diadakan pada Sabtu, 12 Februari 2011, pukul 08.00-14.00 WIB. Acara ini sebelumnya direncanakan berlangsung pada Desember 2010 yang lalu, namun tertunda beberapa kali karena terbentur jadwal ujian dan liburan. Di samping itu, kondisi daerah ini masih terkena efek lanjutan dari bencana erupsi Merapi, yaitu banjir lahar dingin.

Para mahasiswa FTI UAJY yang juga didampingi oleh Hadi Santono, ST., MT. (Wadek III FTI UAJY), disambut baik oleh murid-murid dan guru-guru di SD Pangudi Luhur Muntilan dan SMP Kanisius Muntilan.  Dalam sambutannya, Hendra (Ketua Panitia Baksos) menyampaikan bahwa penyelenggaraan Baksos ini dimaksudkan untuk menghibur dan memberikan semangat kepada para murid di kedua sekolah tersebut.

“Alasan kami memilih kedua sekolah ini adalah karena pada saat pasca erupsi merapi kedua sekolah ini mengalami kondisi yang memprihatinkan,” kata Hadi Santono. Diakui juga oleh Kepala Sekolah SMP Kanisius, Ibu C. Sumiarti, S.Pd, bahwa murid-muridnya banyak yang meminta keringanan biaya SPP, mental mereka dalam belajar juga menurun. Dampak yang masih terasa hingga sekarang adalah banjir lahar dingin. Ketika cuaca mulai terlihat mendung, siswa-siswi yang rumahnya terletak di sekitar Kali Putih mulai khawatir, untuk itu pihak sekolah biasanya memulangkan siswa tersebut terlebih dahulu.

Serah terima Bantuan Alat Tulis dan Peralatan Sekolah oleh Hadi Santono, ST., MT. (Wadek III FTI UAJY) kepada Br. Ignatius Dalimin, FIC. (Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur St. Ignatius Muntilan)

Serah terima Bantuan Alat Tulis dan Peralatan Sekolah oleh Hadi Santono, ST., MT. (Wadek III FTI UAJY) kepada Ibu C. Sumiarti, S.Pd (Kepala Sekolah SMP Kanisius Muntilan)

 

Baksos sesi pertama diadakan di SD Pangudi Luhur. Acara yang dilaksanakan adalah lomba mewarnai gambar untuk murid kelas 1-3, dan lomba paduan suara untuk murid kelas 4-6. Murid-murid kelas 1-3 sangat senang dapat mengikuti lomba mewarnai. Begitu juga dengan murid-murid yang mengikuti lomba paduan suara antar kelas. Setiap kelas menyanyikan 2 lagu, yaitu 1 lagu bebas dan mars SD Pangudi Luhur. Acara bakti sosial yang bertempat di SD Pangudi Luhur ini, juga dimeriahkan dengan pertunjukkan sulap.

Baksos sesi kedua diadakan di SMP Kanisius Muntilan yang terletak tidak jauh dari SD Pangudi Luhur. Di pekarangan SMP ini masih terlihat sisa-sisa erupsi Merapi dimana banyak pohon-pohon yang dipangkas karena rusak akibat hujan abu/pasir, dan rerumputan yang meranggas sehingga terlihat gersang. Baksos yang bertemakan “Indahnya Kebersamaan dalam Kasih” ini, dilaksanakan di aula SMP Kanisius dan dimeriahkan dengan pertunjukkan kesenian dari siswa-siswi SMP dan mahasiswa FTI UAJY. Acara ini ditutup dengan serah terima bantuan alat tulis dan peralatan sekolah lainnya.

Ditulis oleh Jurnalis IMAGE:

Nathania Eka Haryanti (090705780)

Betari Ambarukmi (090705969)