Mahasiswa FTI UAJY Adakan Bakti Sosial di Kali Code


Sabtu, 11 Desember 2010, mahasiswa-mahasiswi FTI UAJY (Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta) di bawah naungan lembaga Senat Mahasiswa, mengadakan kegiatan bakti sosial di Kali Code. Bakti sosial ini bertempat di bantaran Kali Code, Jogoyudan RT. 40 / RW. 10, Yogyakarta. Bakti sosial bertujuan untuk membantu membersihkan luapan lahar dingin yang menutupi jalan dan rumah warga.

Sejumlah 72 mahasiswa-mahasiswi FTI UAJY dengan dibantu warga sekitar saling bahu-membahu untuk membersihkan endapan lumpur yang menutupi sebagian rumah warga serta membersihkan tumpukan sampah yang ada. Selain itu mereka juga membuat saluran air, sehingga air yang masih menggenangi beberapa rumah warga dapat dikeluarkan.

Menurut ketua lembaga Senat Mahasiswa Yoseph Andhi Wicaksono, ide untuk bakti sosial telah lama ada semenjak Gunung Merapi meletus. Ide ini semakin mengerucut di saat salah satu mahasiswa UAJY  yang merupakan warga Jogoyudan terkena musibah banjir lahar dingin. Mengingat kondisi yang mendesak ide tersebut segera direalisasikan sekarang. Meskipun para mahasiswa sedang menempuh Ujian Akhir Semester, kegiatan yang dilaksanakan di tengah-tengah kepadatan jadwal ujian untuk menghilangkan kepenatan mahasiswa yang berkutat dengan buku-buku dan bahan ujian.

bhakti fti

Mahasiswa FTI UAJY membersihkan sisa luapan lahar dingin

Kondisi rumah warga Jogoyudan terutama yang berada persis di bantaran Kali Code, tertimbun lahar dingin hingga 1.5 m, sebagian rumah hancur, dan sebagian ditinggal penghuninya untuk mengungsi karena terendam air yang masuk ke dalam rumah. Rumah terendam kubangan lumpur. Melihat kondisi yang sedemikian parah, walaupun tidak mungkin untuk dapat membersihkan endapan lumpur yang ada sampai bersih namun paling tidak diharapkan dengan adanya bakti sosial ini dapat membantu para warga.

Dari sisi pendidikan, Hadi Santono, ST., MT. (Wakil Dekan III FTI UAJY) melihat bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari pendidikan karakter. Mahasiswa diajak untuk mengembangkan rasa emphaty, solidaritas, kerjasama, dan persaudaraan. Kesemuanya ini merupakan bagian dari pengembangan softskill yang terus-menerus dikembangkan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

bhakti_fti

Sebagian rumah warga yang tertimbun lahar dingin

Yuni Arsih yang merupakan salah seorang warga yang rumahnya tertimbun endapan lumpur manyambut baik kegiatan bakti sosial ini. Menurut ibu Yuni, ia merasa sangat sedih sekali karena rumahnya tertimbun lumpur, namun dengan adanya bakti sosial ini ia merasa terhibur karena ada yang membantu. Ia sekarang tinggal di pengungsian sekaligus membantu memasak di dapur umum. Walaupun rumahnya tidak mugkin kembali seperti semula namun dia merasa sangat bersyukur atas kepedulian mahasiswa FTI UAJY. (HAR)

Diliput oleh : Hartanto IMAGE

Mahasiswa Teknik Informatika UAJY

Angkatan 2010