Workshop Jurnalistik IMAGE : “Menulis Yuuukk.”


Workshop Jurnalistik yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Majalah IMAGE Fakultas Teknologi Industri UAJY (4/12) mengundang  3 pembicara yang berasal dari berbagai profesi, antara lain Agung Purwandono, Ike Devi S, M.Si, serta Hadi Santono ST., MT. Ditemui selesai kegiatan, ketua Majalah IMAGE sekaligus mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2008, Yoel Parmenas, berkata “Kegiatan ini bertujuan untuk  mengajak teman-teman mahasiswa yang belum berpartisipasi aktif di bidang jurnalistik supaya bisa ikut berpartisipasi. Selain itu, diharapkan juga dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kualitas SDM crew IMAGE khususnya, supaya kualitas berita yang dihasilkan oleh IMAGE pun meningkat. selain itu juga supaya dapat lebih mendalami lagi hal-hal yang berkenaan dengan jurnalistik baik untuk crew, maupun mahasiswa lainnya.”

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.45 WIB hingga 14.45 WIB dibagi kedalam 3 sesi. Sesi pertama dibuka oleh Agung Purwandono (Redaktur SKH Kedaulatan Rakyat). Beliau memaparkan mengenai gambaran umum media masa dan jurnalisme, bagaimana cara penyampaian berita oleh media masa terhadap warga tersebut dikemas, gaya redaksi dari tiap surat kabar, keuntungan yang didapat apabila kita memasukan berita, serta sharingpengalaman pribadi. Walaupun peserta yang mengikuti tidak terlalu banyak, namun tidak mengurangi keaktifan peserta dalam bertanya. Suasana  yang ditimbulkan pun akhirnya lebih efektif.

jurnalistik_1jurnalistik_2

Suasana Workshop Jurnalistik di dalam Ruang Audio Visual

Kemudian dilanjutkan ke sesi 2 oleh Ike  Devi S, M.Si. (Dosen FISIP UAJY). Dalam ruang Audio Visual di basement Kampus II – Gedung St. Thomas Aquinas,  beliau menjelaskan bagaimana informasi dapat diterima dengan baik dari komunikator ke komunikan, teknik mewawancarai narasumber dari persiapan sampai  pelaksanaan, kendala yang ditimbulkan saat wawancara, seperti nerveous, serta tips jitu mengangani kendala tersebut. Beliau juga melatih artikulasi berbicara peserta dan memberikan suatu tes bagi peserta mengenai menangkap informasi. Di sini terjadi banyak ‘accident’ yang menghibur peserta sehingga peserta tidak merasa tegang.

Pada sesi 3, pembicara oleh Hadi Santono, ST., MT. (Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri UAJY). Beliau memaparkan mengenai media massa di dalam ruang lingkup FTI sendiri, dan perkembangan media massa pada tahun 2010 lebih menjurus pada media online. Beliau mengatakan selain kecepatan dalam mengakses informasi tersebut, akurasi pengukuran efektivitas media online sangat terlihat. Contohnya iklan yang dipasang pada salah satu website, kita dapat mengetahui berapa banyak orang yang telah melihat, meng-click dan bahkan melakukan order.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua IMAGE, Yoel Parmenas, kegiatan ini sebagai representasi dari meluasnya visi dan misi dari IMAGE sendiri yang  bukan lagi fokus hanya sebagai majalah khusus terbatas mahasiswa FTI saja, tetapi juga menjadi wadah Jurnalisme Mahasiswa yang lebih luas. Dengan kata lain, IMAGE mencoba untuk membukamata lebih lebar dengan merintis IMAGE online. Untuk dapat mencapai hal yang diinginkan tersebut, banyak yang perlu dibenahi dalam waktu dekat ini, di antaranya adalah memperbaiki cara kerja Crew IMAGE serta kualitas SDMnya. Semoga IMAGE online dapat segera terealisasi dan semoga baik Majalah IMAGE versi cetak maupun online dapat bermanfaat bagi pengembangan mahasiswa dan FTI UAJY. (aem)

Ditulis oleh:

Angelline Esther Mongula (100606182)
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta